Home » Gaya Hidup » Awas, Jenis Teman Ini Bisa Membuat Anda Bangkrut

Awas, Jenis Teman Ini Bisa Membuat Anda Bangkrut



Jakarta – Meski di usia yang muda dan tidak memiliki banyak tanggungan, bukan berarti Anda bisa dengan bebas menggunakan uang tanpa tujuan yang jelas. Usia muda memang menjadi masa-masa yang sangat produktif, tapi jangan sampai salah mengartikannya.

Awas, Jenis Teman Ini Bisa Membuat Anda Bangkrut

Ilustrasi

Anda pun juga dituntut untuk mengetahui cara mengelola keuangan yang baik agar nantinya bisa menghasilkan keuntungan-keuntungan yang berlimpah. Sayangnya, ada saja hambatan untuk bisa mengelola keuangan yang baik. Mulai dari sifat konsumtif kaum milennial yang sering kali muncul ataupun penagruh dari teman-teman.

Baca juga : Merasa Kecanduan Media Sosial ? Begini Cara Mengatasinya

Teman memang harus menjadi salah satu pendukung dalam kehidupan Anda, termasuk dalam hal keuangan. Namun, ada saja jenis teman yang malah memberikan pengaruh buruk dan dapat membuat Anda cepat bangkrut tanpa disadari. Jika tidak ingin hal ini terjadi di masa muda Anda, hindari jenis-jenis teman seperti ini.

1. Suka Berutang

Membantu dan meminjamkan uang kepada teman sebenarnya wajar-wajar saja jika hal dilakukan sesekali. Namun, jika teman meminjam uang secara terus-menerus tanpa berusaha untuk mengembalikannya, hal ini jelas merugikan Anda. Alhasil niat baik Anda untuk membantu malah akan merugikan.

Akan lebih baik untuk menghindari jenis teman seperti ini. Jika memang ingin membantu, pinjamkan uang yang sesuai kemampuan Anda. Dan jangan lupa untuk menyusun jadwal pelunasan dan membuat mereka berjanji mengembalikannya.

2. Teman yang Senang Berbelanja

Godaan sale dan promo-promo belanja memang terkadang cukup menggoda. Mungkin Anda menghindarinya. Namun, jika Anda memiliki teman yang hobi berbelanja, mau tidak mau akan membuat Anda semakin terpengaruh dan membuat keborosan sebelum akhir bulan.

Jika memang adalah orang yang mudah terpengaruh teman, akan lebih baik untuk menghindari teman-teman seperti ini apalagi saat musim belanja tiba.

3. Teman yang Sering Mendorong untuk Hidup Boros

Sering nongkrong, tidak pernah menabung, dan lainnya merupakan kebiasaan buruk yang dapat membuat Anda boris. Jika memiliki teman seperti ini yang senang memanas-manasi untuk hidup boros dan berperilaku konsumtif, akan lebih baik untuk menghindarinya saja.

Meskipun penghasilan Anda besar, tetap saja hal ini bisa menyebabkan tidak ada sisa uang di akhir bulannya. Teman Anda akan selalu berbelanja ke tempat-tempat yang mahal, bahkan sering kali minta Anda untuk membayarnya dulu.

4. Teman yang Suka Merendahkan Kesederhanaan

Saat sedang berusaha untuk menghemat dan menerapkan gaya hidup yang sederhana, teman Anda malah mencibir dan tidak mendukung. Akan lebih baik jika Anda sebaiknya menjauhi teman-teman seperti ini. Hal ini malah membuat Anda tidak yakin dengan gaya hidup yang dijalani, bahkan meniru kebiasaan yang boros.

5. Teman yang Sering Mengeluh Tentang Pekerjaan

Anda pasti memiliki teman yang selalu mengeluh tentang pekerjaannya, bahkan seakan menjadikan hal ini sebagai hobinya. Hal ini dapat memberikan aura negatif sehingga membuat Anda ikut stres dan ikut tidak termotivasi dalam bekerja. Akibatnya tentu saja membuat karier yang sudah dibangun menjadi berantakan dan berpengaruh ke kondisi finansial.

6. Teman yang Malas

Jenis teman yang seperti ini juga akan berpengaruh pada kehidupan dan membuat Anda semakin malas dalam menjalani kehidupan. Hal ini bukan tidak mustahil terjadi. Orang yang malas tentunya tidak akan membuat dirinya maju dan berdiam diri di tempat.

Jika Anda berteman akrab dengan jenis orang seperti ini, tak menutup kemungkinan nantinya Anda bisa tertular malas dan membuat kinerja merosot.

(Png – sisidunia.com)