Home » Otomotif » Begini Cara Mudah Menghilangkan Cat Mobil Yang Lecet

Begini Cara Mudah Menghilangkan Cat Mobil Yang Lecet



Jakarta – Kebanyakan pengemudi pernah mengalami kecelakaan ringan, seperti menyerempet atau terserempet, sehingga bodi kendaraannya mengalami goresan. Tak hanya itu, kepadatan arus lalu lintas dan kemacetan sering membuat bodi mobil tersenggol pengendara sepeda motor ataupun mobil dari pengendara lain.

Begini Cara Mudah Menghilangkan Cat Mobil Yang Lecet

Ilustrasi

Jika terjadi senggolan pasti cat bodi mobil lecet, dan memiliki goresan yang terlihat jelas. Untuk menghilangkan goresan akibat gesekan bisa dilakukan dengan beberapa tahapan tanpa harus memasukan mobil kesayangan Anda ke bengkel.

Mengukur Kedalaman Lecet

Setiap Bodi mobil memiliki 4 lapisan yakni, lapisan bening, warna, primer dan baja. Jika lecetnya hanya sedalam lapisan cat bening atau warna, maka lecet tersebut akan lebih mudah dihilangkan. Lecet jenis ini juga biasanya terjadi karena mobil terkena kerikil atau tak sengaja tergores kuku panjang.

Namun, jika Anda pada lecet atau goresan Anda melihat warna yang berbeda dengan warna mobil, kemungkinan besar lecet tersebut cukup parah dan dalam. Untuk masalah ini, Anda bisa datang ke bengkel mobil untuk diperbaiki.

Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi merupakan cara paling umum untuk memperbaiki mobil lecet. Anda cukup menyediakan kain lembut dan pasta gigi. Caranya, yaitu memastikan dulu permukaan mobil yang lecet sudah bersih, kemudian basahkan kain dan tambahkan setetes pasta gigi. Langkah selanjutnya gosok dengan gerakan melingkar ke bagian mobil yang terkena goresan. Tapi yang perlu menjadi catatan, cara ini bisa dilakukan jika lecet pada mobil Anda tidak terlalu dalam.

Menggunakan Kompon

Banyak orang yang memperbaiki mobil lecet cukup efektif dengan menggunakan kompon. Langkah yang harus dipersiapkan adalah kain lembut, sandpaper 1500-grit atau 2000 grit, lalu tidak lupa kompon poles. Caranya, yaitu bersihkan terlebih dahulu permukaan yang terkena goresan atau lecet, lalu oleskan dengan kompon area tersebut. Kemudian langkah selanjutnya ambil sandpaper dan basahi dengan air lalu gosok secara satu arah.

Ketiga cara di atas ini, bisa mempermudah Anda untuk memperbaiki sendiri mobil lecet. Dengan catatan sebatas kerusakan minor saja. Bila kerusakan pada mobil lecet skalanya besar seperti penyok, tergores sangat dalam sekali sehingga catnya terkelupas. Anda sebaiknya mulai melindungi mobil Anda dengan asuransi mobil all risk. Seperti yang kita ketahui manfaat dari asuransi mobil all risk, bisa memberikan dan menjamin perlindungan maksimal dari mulai kerusakan kecil hingga berat pada mobil.

(Png – sisidunia.com)