Home » Gaya Hidup » Lingkungan Hijau Ternyata Bermanfaat Untuk Daya Ingat Anak

Lingkungan Hijau Ternyata Bermanfaat Untuk Daya Ingat Anak



Jakarta – Ternyata tinggal di tengah taman yang dipenuhi hijau rumput dan tumbuhan memberikan manfaat bagi anak-anak. Lingkungan hijau bermanfaat bagi ingatan anak. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Environment Health Perspectives.

Lingkungan Hijau Ternyata Bermanfaat Untuk Daya Ingat AnakLingkungan Hijau Ternyata Bermanfaat Untuk Daya Ingat Anak

Ilustrasi

Dikutip dari Indiatimes (26/2/2018), anak sekolah dasar yang dibesarkan di rumah yang dikelilingi lingkungan hijau, memiliki volume materi putih dan abu-abu lebih besar di otak mereka. Ini diungkanpkan oleh peneliti dari Institute Barcelona for Global Health (ISGlobal) di Spanyol.

Baca juga : Infeksi Miss V Ternyata Bisa Disebabkan Celana Dalam Model Ini

Peneliti menemukan, mereka yang tinggal dengan tingkat warna hijau lebih tinggi di sekitar rumah mereka, memiliki skor yang lebih baik dalam tes perhatian.

“Hasil ini menggarisbawahi pentingnya lingkungan hijau di kota-kota, untuk kesehatan dan perkembangan otak anak,” kata Payam Dadvand, seorang peneliti di ISGlobal.

“Ini adalah studi pertama yang melihat hubungan antara paparan jangka panjang dengan lingkungan hijau dan struktur otak,” tambah Dadvand.

Menurutnya, temuan tersebut menunjukkan paparan lingkungan hijau di awal kehidupan dapat menyebabkan perubahan struktural yang bermanfaat di otak.

Penelitian sebelumnya mengatakan, lingkungan hijau di sekitar sekolah, dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak usia tujuh hingga sepuluh tahun.

Dalam analisis tersebut, dengan mendapatkan paparan dari lingkungan hijau, akan berdampak positif pada volume materi putih dan abu-abu di beberapa bagian otak. Ini meningkatkan skor dalam tes kognitif mereka.

Tak hanya itu, daerah yang lebih hijau memiliki tingkat polusi dan kebisingan udara yang lebih rendah.

Lingkungan semacam ini juga bisa memperkaya mikroba yang berasa dari lingkungan. Semuanya bisa menjadi manfaat secara tidak langsung bagi perkembangan otak.

(Png – sisidunia.com)