Home » News » Gunung Sinabung Kembali Semburkan Abu Vulkanik 3,8 Km

Gunung Sinabung Kembali Semburkan Abu Vulkanik 3,8 Km



Medan – Malam ini, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi. Semburan abu vulkanik mencapai tinggi 3,8 kilometer.

Gunung Sinabung Kembali Semburkan Abu Vulkanik 3,8 Km

Gunung Sinabung Erupsi pada Minggu (25/2/2018) malam

Erupsi Gunung Sinabung tersebut terjadi pada Minggu (25/2/2018) sekitar pukul 20.30 WIB waktu setempat.

Baca juga : Gempa Berkekuatan 3,7 Guncang Tapanuli Utara

“Terjadi erupsi dengan tinggi kolom (abu) 3.800 meter,” ujar Petugas Pos Pengamat Gunung Sinabung, Umar Rosadi saat dikonfirmasi.

Umar menerangkan, semburan abu vulkanik ini mengarah secara perlahan ke Selatan. Masyarakat di Karo diminta untuk waspada jika terjadi erupsi maupun awan panan guguran.

“(Masyarakat) tetap waspada. Gunakan masker dan tidak boleh masuk ke zona merah,” jelasnya.

Tak hanya itu, masyarakat juga diingatkan untuk tidak beraktifitas disepanjang aliran Sungai Lau Borus jika terjadi hujan.

“Untuk hari ini cerah. Namun, jika hujan harus menjauh dari aliran sungai karena potensi lahar dingin bisa saja terjadi. Status Gunung Sinabung saat ini masih awas,” tukas Umar.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam akun Twitternya juga menyampaikan terkait erupsi Gunung Sinabung malam ini.

“Gunung Sinabung kembali meletus pada 25-2-2018 pukul 20:38 WIB. Di bawah sinar rembulan, kawah Gunung Sinabung melontarkan abu vulkanik setinggi 3.800 meter,” ucap , dalam akun twitter pribadinya, Minggu (25/2/2018).

Angin yang berhembus akan membawa abu vulkanik tersebut ke arah selatan dan barat daya. Energi vulkanik pun masih tinggi.

“Angin bertiup perlahan ke arah selatan- barat daya. Energi vulkanik masih tinggi berpotensi terjadi letusan lagi,” kata Sutopo.

(Png – sisidunia.com)