Home » Gaya Hidup » Simak Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Simak Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh Yang Mungkin Belum Anda Ketahui



Jakarta – Hampir di setiap sudut jalan, buah naga sering ditemukan melimpah dijajakan. Buah merah dengan bintik-bintik hitam ini selain segar dimakan langsung, biasanya juga diolah menjadi jus, puding atau bahkan kue.

Simak Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Simak Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Buah naga dipercaya memiliki manfaat baik bagi tubuh. Tak heran beberapa selebriti seperti Barbie Hsu sampai Ayu Ting-ting juga dikabarkan gemar menambahkan buah naga dalam menu dietnya.

Buah naga juga memiliki banyak jenis dan warna. Ada buah naga berwarna merah dengan daging buah berwarna merah, lalu berkulit kuning dan berdaging buah putih, juga buah naga berkulit merah dengan daging buah berwarna putih. Ternyata buah yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki kadar nutrisi yang sama, meskipun berbeda warna.

Sepsialis gizi klinik dr Marya W Haryono, Mgizi, SpGK mengungkapkan bahwa buah naga memiliki sumber energi fruktosa atau gula buah, mineral, vitamin C dan B1 yang membantu proses metabolisme. Selain itu, buah naga juga memiliki kadar kalsium, 3 kali lebih tinggi dari wortel. Lebih lanjut, Marya menyampaikan soal mitos dan fakta seputar buah naga.

1. Buah naga bisa turunkan koleterol

“Fakta. Di dalam buah naga, sudah komplit terkanduing vitamin sekaligus serat tinggi. Seperti yang kita ketahui, serat itu baik bagi tubuh dan bisa menyerap kolesterol dalam tubuh,” ujar Marya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne Jumat 23 Februari 2018.

2. Buah naga baik untuk pencernaan

“Fakta, lagi-lagi serat dalam buah naga itu membantu massa feses sehingga memperlancar buang air besar. Selain itu ada oligisakarida yang termasuk komponen karbo sebagai makanan bagi bakteri baik usus.”

3. Buah naga untuk kesehatan kulit

“Fakta. Buah ini memiliki antioksidan tinggi dan vitamin C yang dibutuhkan kulit,” ujarnya.

Baca juga :  Bukan Dari Narkoba, Sahabat Menyebut Roro Fitria Kaya Karena Bisnis Ini

4. Mencegah kanker

“Betul itu fakta. Sebetulnya setiap buah dan sayur itu punya antioksidan yang mencegah kanker. Menangkal radikal bebas termasuk di dalamnya mengurnagi risiko kanker.

5. Efek samping konsumsi buah naga?

Yang berlebih selalu ada yang buruk. kalau buah naga merah pigmen warna merah betalise.

6. Cegah diabetes

“Iya, fakta. Tapi bukan untuk mengobati ya, untuk mencegah. Buah naga juga mencegah peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk menu makanan para prediabetes juga bagus.”

(Png – sisidunia.com)