Home » Gaya Hidup » Suami Juga Punya Peran Memperlancar ASI Istri

Suami Juga Punya Peran Memperlancar ASI Istri



Jakarta – Memang yang melakukan aktivitas ini adalah bunda dan si kecil, ketika bicara soal menyusui. Tapi, nyatanya suami alias ayahnya anak-anak juga punya andil dalam keberhasilan kita untuk menyusui si buah hati.

Suami Juga Punya Peran Memperlancar ASI Istri

Suami Juga Punya Peran Memperlancar ASI Istri

Menyusui itu soal kita bertiga yakni bunda, ayah, dan anak, seperti kata dr Utami Roesli SpA, IBCLC. Nah, dukungan menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan seorang ibu untuk menyusui. Wanita yang akrab disapa dr Tami ini bilang dukungan yang terpenting buat ibu menyusui dari siapa? Jawabannya: para ayah alias suami kita.

“Supaya produksi ASI lancar diperlukan hormon oksitosin atau hormon kenyamanan atau hormon kasih sayang. Kalau ibu kurang nyaman, produksi ASI bisa kurang. Makanya, penting nih bikin ibu nyaman dan siapa yang paling berperan untuk ini? Ayah. Menyusui itu tiga pihak lho. Ayah, ibu dan anak,” papar dr Tami.

Yang bisa dilakukan para suami agar istri nyaman yaitu proteksi dan support. Proteksi dari apa sih? Misalnya aja, Bun, kata dr Tami ketika ada anggota keluarga atau orang lain yang nyinyirin si ibu menyusui maka tugas suami jadi ‘tameng’ atau pelindung si istri.

Caranya, suami bisa menyampaikan informasi yang benar pastinya dengan cara santun soal menyusui. Dengan begitu, diharap ada edukasi sehingga nyinyiran atau komentar untuk si ibu berkurang. Lalu support. Ini bisa berupa bantuan suami untuk istri setelah si kecil lahir.

Baca juga : Netizen Puji Ayu Ting Ting Makin Cantik Dengan Baju Tidur Ini

“Anak saya kan laki-laki, saat anaknya lahir dia juga membantu nyuci popok, ngurus anaknyalah. Nah, yang kayak gitu kan bisa bikin ibu nyaman. Pokoknya suami bisa melakukan sesuatu yang memang bikin istrinya nyaman, lakukanlah,” kata dr Tami di sela-sela ‘125 Tahun Johnson’s Berbagi Keceriaan’ di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Dr Tami bilang support dan proteksi yang benar dari suami bisa membuat keberhasilan menyusui sampai 98 persen, mengutip sebuah penelitian. Dr Tami menambahkan, selain dukungan suami, dukungan orang tua, mertua, anggota keluarga lain, tenaga kesehatan, masyarakat, lingkungan dan pemerintah juga ikut menentukan keberhasilan seorang ibu menyusui.

“Jadi bapak-bapak, Anda punya power untuk menentukan kualitas kehidupan manusia lho,” pungkas dr Tami.

(Png – sisidunia.com)