Home » Techno » Rusia Gunakan Robot Uran-6 Untuk Bersihkan Ranjau di Moskow

Rusia Gunakan Robot Uran-6 Untuk Bersihkan Ranjau di Moskow



Moskow – Kesempatan diberikan kampanye militer Rusia di Suriah ke Moskow untuk menguji langsung teknologi lapis baja mereka, termasuk Uran-6, Skarabei, dan Sphera.

Rusia Gunakan Robot Uran-6 Untuk Bersihkan Ranjau di Moskow

Uran-6

Rusia tengah meningkatkan kemampuan pasukan zeni mereka dengan teknologi robot. Beberapa di antaranya bahkan telah diuji selama kampanye serangan di Suriah.

Dikutip dari laman RBTH Indonesia, Minggu (11/2/2018), mesin-mesin berlapis baja ini telah membersihkan 100 ribu ranjau dan bom yang tersebar di area seluas lebih dari 6.500 hektare.

Robot Uran-6

Para pakar militer Rusia mengklaim bahwa robot ini mampu bertahan dari kekuatan ledakan 10 kilogram TNT dan terus beroperasi.

Pertama kali digunakan untuk membersihkan kota kuno Palmyra pada 2016, robot Rusia Uran-6 juga dikerahkan untuk menyapu bersih Aleppo dari ranjau-ranjau yang bertebaran setelah kota itu berhasil dibebaskan.

Dengan lengan yang menyerupai traktor yang terulur di depannya, Uran-6 mampu melaju dengan kecepatan 7 km per jam.

Sang operator bisa mengendalikan mesin ini dari jarak 50 meter. Berkat roda rantainya, Uran-6 ciptaan Rusia mampu memanjat bebatuan besar dan dinding setinggi satu meter.

(Png – sisidunia.com)