Home » Gaya Hidup » Simak, Kandungan Gizi Yang Terkandung Dalam Ceker Ayam

Simak, Kandungan Gizi Yang Terkandung Dalam Ceker Ayam



Jakarta – Selain lezat, kaki ayam yang dikenal juga dengan nama ceker tersebut juga bernutrisi tinggi lho, meski sering kalah pamor dengan bagian lain dari ayam.

Simak, Kandungan Gizi Yang Terkandung Dalam Ceker Ayam

Ceker ayam

Menurut Ketua Bidang Riset Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI), Dudung Angkasa, S.Gz M.Gz, protein pada ceker ayam cukup tinggi. Zat tersebut sudah pasti bermanfaat bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi rutin.

Baca juga : Begini Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat Pada Si Kecil

“Tapi mengonsumsinya harus kontinu, dan kecenderungan orang makan ceker itu kan dalam jumlah banyak. Itu baik untuk tubuh,” jelas Dudung dilansir laman liputan6.com.

Protein berfungsi untuk pertumbuhan serta regenerasi sel. Semua bisa dipenuhi dengan makan ceker yang harganya murah, paling tidak tak semahal daging.

“Tubuh kita memerlukan pertumbuhan dan regenerasi sel. Ceker ayam dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut,” tambah dia.

Ada kejadian nyata di tanah air saat suatu kampung di wilayah Jawa Barat mengalami gizi buruk di tahun 1980-an lalu.

Padahal di kampung lain yang ada di sebelahnya, kondisi gizi masyarakat lebih baik walau sama dalam taraf ekonomi. Ternyata setelah diteliti, kampung yang tidak mengalami gizi buruk itu penduduknya kerap makan ceker ayam.

“Setelah ditinjau, ternyata kampung yang gizi masyarakatnya lebih baik ini mengonsumsi ceker ayam,” kisah Dudung.

Untuk bisa tetap sehat dan terjaga gizinya, tak perlu bahan makanan mahal. Dengan apa yang bisa ditemukan dalam kampung tersebut pun, penduduk bisa tetap sehat dan tidak kekurang gizi.

(Png – sisidunia.com)