Home » Gaya Hidup » Sedang Gelisah ? Coba Pakai Cara Ini Untuk Mengusirnya

Sedang Gelisah ? Coba Pakai Cara Ini Untuk Mengusirnya



Jakarta – Saat kegelisahan menyerang, hari-hari yang kita jalani pasti seketika akan terganggu. Pasti, itu amat tidak menyenangkan bukan? Bayangkan saat kita diliputi perasaan yang tak pasti, dan membuat kita tak akan fokus untuk menjalani kehidupan.

Sedang Gelisah ? Coba Pakai Cara Ini Untuk Mengusirnya

Sedang Gelisah ? Coba Pakai Cara Ini Untuk Mengusirnya

Dalam kegelisahan atau pun kepanikan, semua orang pasti tak ingin mengalaminya. Nah, untuk mengusir rasa itu dari otak, kini kita bisa sedikit bernapas lega. Sejumlah psikolog telah menemukan cara.

Dengan metode berikut ini, maka kita akan bisa menjalani hari dengan lebih tenang dan menyenangkan. Cara tersebut sangat sederhana dan mudah, namun sudah terbukti khasiatnya.

Yah, “5-4-3-2-1” adalah metode sederhana yang diklaim efektif untuk mengendalikan pikiran saat kegelisahan mengancam hari-hari kita.

Cara ini mampu membawa kita untuk fokus pada kehidupan yang kita jalani saat ini dengan mengandalkan kelima indra kita, yaitu penglihatan, pendengaran, peraba, pengecap, dan penciuman.

Langkah pertama adalah cukup dengan melihat sekeliling kita untuk membasmi kegelisahan dan mengidentifikasi lima hal yang ada dalam jangkauan pandangan kita.

Setelah itu, kita harus mengidentifikasi empat suarayang kita dengar dan tiga hal yang dapat kita rasakan. Tiga hal yang kita rasakan tersebut dapat berupa sesuatu yang berasal dari kaki, sepatu, atau cincin di jari kita.

Lalu, kita juga harus mengidentifikasi dua hal yang ditangkap oleh indera penciuman kita.

Terakhir, kenalilah satu hal, -apapun itu, yang ditangkap oleh indera perasa kita. Hal ini bisa berupa rasa yang kita cicipi.

Dengan memperhatikan apa yang dirasakan oleh indra kita, dan menghitung hal-hal tersebut, maka kegelisahan dan kepanikan akan lenyap dari pikiran, hal tersebut dikatakan oleh Ellen Hendrikson, psikolog klinis dari Universitas Boston, Amerika Serikat.

Mayo Clinic Health System juga menyarankan kita untuk mencoba latihan ini demi meminimalkan perasaan cemas. Cara ini dapat mengalihkan fokus pada lingkungan di mana saat itu kita berada, dan menjauhkan kita dari apa yang menyebabkan kita merasa cemas.

Baca juga : Tak Ada Proses Mediasi di Sidang Cerai Ahok dan Veronica

Ini juga bisa membantu mengusir pola pikir yang tidak sehat. Metode ini mengandalkan kesadaran sensorik yang berakar pada perhatian penuh sehingga kita mampu terlepas dari kegelisahan.

Kabar baiknya lagi, cara ini juga dapat membantu mengatasi depresi, gangguan kecanduan, tekanan darah rendah, dan mengurangi stres, berdasarkan riset dari Universitas Harvard, .

Jadi, lain kali saat kita merasa cemas, fokuskan pada apa yang dapat kita lihat, dengar, kecap, cium, dan sentuh. Selain itu, kita juga harus mengabaikan mencoba mengabaikan rasa tidak nyaman yang mengganggu di dalam kepala kita.

Ada banyak dampak negatif dari hidup yang selalu diliputi kecemasan dan kekhawatiran. Para pakar percaya bahwa sering khawatir berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan.

(Png – sisidunia.com)