Home » Gaya Hidup » Awas, Lingkungan Bisa Tularkan Obesitas

Awas, Lingkungan Bisa Tularkan Obesitas



Jakarta – Seperti flu dan pilek, obesitas memang bukan penyakit menular. Namun studi terbaru dari Amerika Serikat menyebut obesitas juga bisa menular lho!

Awas, Lingkungan Bisa Tularkan Obesitas

Awas, Lingkungan Bisa Tularkan Obesitas

Ashlesha Datar dari University of Southern California Center, penularan yang dimaksud di sini adalah bagaimana gaya hidup tidak yang memicu obesitas lebih banyak dilakukan di lingkungan yang serupa. Dengan kata lain, jika Anda bergaul atau tinggal bersama dengan orang obesitas, maka risiko Anda mengalami obesitas akan meningkat.

“Tinggal di daerah yang menganggap obesitas biasa saja, bisa memengaruhi kebiasaan makan seseorang, yang berimbas pada jarangnya olahraga dan bertambahnya berat badan,” ungkap Datar, dalam studinya yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association.

Kepada 2.500 orang tua dan anak-anak yang tinggal di Amerika Serikat, penelitian dilakukan pada tahun 2013-2014. Para partisipan diukur indeks massa tubuhnya, dan diminta mengisi kuesioner yang berhubungan dengan aktivitas harian dan pola makan.

Baca juga : Artis Cantik Ini Mengaku Lebih Nyaman Dengan Wanita

Hasilnya menyebut mereka yang tinggal di lingkungan dengan penduduk obesitas, memiliki risiko kenaikan berat badan hingga 13 persen. Partisipan juga merasa lebih malas untuk olahraga ketika tetangga mereka tidak melakukannya.

Pola makan seseorang memang dipengaruhi oleh lingkungannya, hal tersebut dikatakan pakar nutrisi dari Southwestern Medical Center, University of Texas, Lona Sandon. Norma sosial tidak hanya berhubungan dengan bagaimana kita bersikap, namun juga pola makan, olahraga dan kesehatan.

“Karena itu langkah pertama untuk menurunkan berat badan adalah mengisi lingkaran pertemanan Anda dengan orang yang juga suka berolahraga,” tutupnya.

(Png – sisidunia.com)