Home » News » Awas, Ini Ancaman Hukuman Untuk Pelaku Coret-coret Tembok di Bandung

Awas, Ini Ancaman Hukuman Untuk Pelaku Coret-coret Tembok di Bandung



Bandung – Siap-siap dikenai sanksi, bagi yang suka melakukan corat-coret atau vandalisme di Kota Bandung. Tidak main-main, hukuman bagi pelaku vandalisme di Bandung yakni denda Rp 5 juta dan atau penahanan KTP sementara.

Awas, Ini Ancaman Hukuman Untuk Pelaku Coret-coret Tembok di Bandung

Awas, Ini Ancaman Hukuman Untuk Pelaku Coret-coret Tembok di Bandung

Tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan, hal itu tertuang dalam Perda No 11 Tahun 2005. Vandalisme didefinisikan sebagai perilaku yang membahayakan, merusak alam dan lingkungan ketika Kabid Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Kota Bandung Idris Kuswandi menjelaskan.

“Kategori vandalisme sendiri biasanya mencorat-coret tembok, merusak kursi, merubah hal-hal yang tidak berguna, dan lainnya,” kata dia.

Namun sejauh ini menurun dibandingkan tahun lalu, meski Kota Bandung belum terbebas dari aksi vandalisme. Namun pihaknya tidak bisa memastikan prosentase penurunan aksi vandalisme di Kota Bandung tersebut.

“Yang pasti ada penurunan dibandingkan tahun lalu,” papar dia.

Baca juga : Bintang Panas Ini Enggan Tanggapi Rumor Pernah Tidur Dengan Trump

Menurut Idris, pelaku vandalisme di Kota Bandung bersifat kenakalan remaja biasa dan belum mengarah kearah pidana. Oleh karena itu, pihaknya meminta kesadaran bersama menjaga fasilitas publik.

“Ini biasanya bukan kejahatan melainkan kenakalan remaja. Karena pelakunya itu rata-rata pemuda bukan orang tua,” katanya.

Selama ini, pelaku vandalisme yang tertangkap selain dikenai sanksi denda dan sosial juga diminta untuk mengembalikan posisi semula tempat atau tembok yang telah dicorat-coret. Dirinya berharap kesadaran warga semakin meningkat dan tidak ada lagi aksi vandalisme.

(Png – sisidunia.com)