Home » Gaya Hidup » 5 Kondisi Kulit Yang Bisa Timbul Karena Stres

5 Kondisi Kulit Yang Bisa Timbul Karena Stres



Jakarta – Masalah hati dan pikiran bisa dikaitkan dengan kondisi stres. Tapi, siapa sangka, stres akan sangat terlihat jelas melalui beberapa kondisi kulit di tubuh.

5 Kondisi Kulit Yang Bisa Timbul Karena Stres

Ilustrasi

Dilansir dari laman Reader’s Digest, saat stres menerpa, dampaknya bisa sangat terlihat melalui kondisi kulit yang memburuk. Berikut beberapa kondisi kulit yang dipicu oleh stres.

1. Psoriasis

Ini merupakan salah satu kondisi kulit yang semakin memburuk saat stres menerpa, yang mencakup kulit memerah, gatal, serta mengelupas. Stres menjadi pemicu kulit psoriasis, khususnya bagi mereka yang memang memiliki riwayat penyakit ini.

“Meditasi menjadi salah satu penanganannya. Studi telah mengaitkan bahwa meditasi pikiran dan mengurangi stres dapat membuat gejala psoriasis menurun,” ujar ahli kesehatan, Nesochi Okeke-Igbokwe.

2. Jerawat

Bukan lagi menjadi sebuah rahasia bahwa jerawat kerap kali muncul saat stres menerpa. Terlebih, memencet jerawat yang timbul, malah akan memicu infeksi pada kulit.

“Saat berjerawat, hormon kortisol berperan seperti androgen, di mana hormon itu kerap muncul saat pria mengalami masa puber,” ujar spesialis dermatologis, Ava Shamban.

Untuk mengatasinya, ia menyarankan agar tidur cukup selama 7 jam, rutin olahraga, meditasi, konsumsi makanan yang tepat, serta menggunakan pembersih wajah sebelum tidur.

3. Eksema

Kondisi di mana kulit timbul bercak-bercak merah dan gatal sebagai toleransi tubuh terhadap turunnya sistem imun. Hormon kortisol yang dikeluarkan saat stres, berdampak pada inflamasi dan iritasi kulit yang memicu eksema terjadi.

Baca juga : Prilly Ubah Gaya Rambut, Netizen : “Cantik”

4. Keriput

Menurut spesialis kulit, David Lortscher, stres bisa menjadi faktor terbesar pemicu penuaan kulit. Dampaknya, tentu pada kulit yang mulai mengeriput.

“Hormon stres seperti epinephrine, norepinephrine dan kortisol ditemukan dapat merusak DNA, di mana ini berkaitan dengan penuaan kulit,” ungkapnya.

5. Ketombe

Ya, Anda tidak salah baca. Ketombe bisa muncul di kulit wajah Anda saat stres mengintai. Para ahli meyakini, reaksi inflamasi akibat stres membuat salah satu jenis jamur hadir di kulit dan ini memicu ketombe hadir.

“Jamur pityrosporum bisa berkembang menjadi ketombe di kulit pada beberapa orang yang rentan,” ujarnya lagi.

(Png – sisidunia.com)