Home » Gaya Hidup » Begini Cara Berbahasa Inggris Dengan Lancar

Begini Cara Berbahasa Inggris Dengan Lancar



Jakarta – Lancar berbahasa asing bisa memperoleh banyak keuntungan, khususnya bahasa Inggris. Di era globalisasi seperti ini, memungkinkan seluruh penduduk dunia terkoneksi dalam satu bahasa internasional.

Begini Cara Berbahasa Inggris Dengan Lancar

Ilustrasi

Kemampuan ini tentu menjadi modal besar untuk berkarier secara lebih luas, mulai dari pendidikan sampai perdagangan. Bahasa Inggris menjadi tolak ukur profesionalitas seseorang di panggung dunia kerja.

Baca juga : Ini Beberapa Manfaat Teh Hijau Untuk Kulit dan Rambut

Menyadari pentingnya kemampuan bahasa Inggris bagi generasi milenial, berikut tips ampuh meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar bahasa Inggris, dirangkum dari rilis British Council Indonesia Foundation yang diterima Okezone.

1. Dengar dan ulangi

Belajar bahasa Inggris bisa dimulai dari menonton acara televisi atau saluran Youtube favorit, dengarkan, lalu praktikan dialog yang terucap selama acara tersebut. Mengaktifkan mode subtitle akan lebih membantu guna mengidentifikasi setiap kata yang tertera. Putar ulang percakapan mereka jika diperlukan. Catat kosa kata yang tidak dimengerti untuk dipelajari. Selain mudah diikuti, tips ini juga menyenangkan.

2. Cari teman berlatih

Semangat dan rasa percaya diri bisa bertambah dengan adanya teman yang juga ingin mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya. Saat sedang pergi berdua, aturan ‘english only’ bisa diterapkan selama beberapa waktu untuk mengakrabkan diri dengan bahasa tersebut. Jika kemampuan dasar sudah dipahami, bahasa Inggris bisa diterapkan selama melakukan diskusi atau brainstorming.

3. Membaca dengan keras

Luangkan waktu sekira 30 menit untuk membaca buku baik fiksi, maupun non-fiksi dalam bahasa Inggris. Jika sudah, tambahkan 30 menit selanjutnya untuk membaca kalimat-kalimat tersebut keras-keras. Cara ini dinilai sangat baik untuk mengembangkan kemampuan membaca sekaligus melatih intonasi dan panjang-pendek kalimat. Bisa juga menggunakan banuan Google atau Youtube untuk mendengar cara pengucapan yang tidak dimengerti.

4. Jangan takut salah

Poin terakhir ini sering menjadi masalah utama yang menghambat lancarnya sesorang dalam belajar bahasa Inggris. Padahal, salah merupakan proses yang wajar dalam belajar, terutama saat belajar bahasa asing. Jadi, tidak apa-apa berbuat kesalahan. Banggalah dengan capaian yang berhasil kamu lakukan, kemudian tingkatkanlah kemampuanmu.

(Png – sisidunia.com)