Home » News » Sulit Dapat Makan di Atas Gunung, Kawanan Monyet Serbu Kebun Warga

Sulit Dapat Makan di Atas Gunung, Kawanan Monyet Serbu Kebun Warga



Karangasem – Aktivitas Gunung Agung yang status Awas berimbas terhadap kumpulan binatang yang ada di sana. Diduga tak ada lagi makanan di atas gunung, kawanan monyet pun turun gunung. Monyet kelaparan itu memakan hasil kebun petani.

Sulit Dapat Makan di Atas Gunung, Kawanan Monyet Serbu Kebun Warga

Ilustrasi

Menurut laporan yang masuk ke Pasemetonan Jabaya (Pasebaya) Gunung Agung, hal itu terjadi di wilayah Dusun Kesimpar, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Baca juga : Beruntung, PRT di Filipina Mendapat Rumah Dari Majikannya

“Laporan masuk ke Pasebaya, monyet merusak dan memakan hasil kebun itu baru di Kesimpar, dan sedikit ada di Temukus, Desa Besakih,” ucap Ketua Pasebaya, I Gede Pawana.

Sebelumnya, I Gede Pawana naik ke wilayah Kesimpar dan Temukus bersama rombongan Pecalang Desa Adat dan Jagabaya Desa Adat Karangasem. Mereka naik ke kawasan Gunung Agung untuk memberikan makan monyet agar tidak merusak kebun warga pada Minggu (14/1/2018).

Pawana mengira sejumlah monyet turun lantaran tak ada lagi makanan di atas Gunung Agung diakibatkan abu vulkanik membuat tumbuhan kering. “Ada nangka, buah pisang semua dimakan. Kalau tidak dimakan, dirusak,” jelasnya.

“Bahkan rumput gajah pun dimakan. Mungkin yang dicari itu airnya,” imbuh Perbekel Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem itu.

(Png – sisidunia.com)