Home » News » Bioskop di Arab Saudi Kembali di Buka Usai Dilarang Selama 35 Tahun

Bioskop di Arab Saudi Kembali di Buka Usai Dilarang Selama 35 Tahun



Jakarta – Setelah 35 tahun bioskop dilarang, Arab Saudi kembali memutar film akhir pekan ini. Bioskop akan segera dibuka oleh umum pada Maret tahun ini yang menjadi bagian dari upaya perubahan kebebasan bagi sejarah pemutaran film.

Bioskop di Arab Saudi Kembali di Buka Usai Dilarang Selama 35 Tahun

Ilustrasi

Pemutaran film saat ini hanya dilakukan di bioskop sementara dengan mengggunakan fasilitas aula budaya yang dikelola pemerintah Jeddah.

Baca juga : Heboh, Beredar Video Sosok Mirip Alien Lompat Dari UFO

Mahmoud Salim, penyelenggara Sinema 70 yang merupakan pemutaran film di Arab Saudi itu mengatakan pemutaran film perdana tidak dilakukan di bioskop.

“Hingga kini, tidak ada prasarana untuk bioskop. Jadi, kami mencoba memanfaatkan tempat untuk mendekati bentuk perbioskopan,” kata Mamdouh Salim.

“Kami mencoba menggunakan film ini untuk menjadi titik awal pemutaran film sinematik pertama setelah keputusan 11 Desember yang mengizinkan bioskop,” tambahnya.

Bioskop dilarang pada awal 1980-an di bawah tekanan kelompok garis keras saat masyarakat tidak terjadi pencampuran pria dan wanita di tempat umum.

Namun, reformasi yang dipimpin Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman yang masih berusia 32 tahun telah mengurangi pembatasan-pembatasan itu. Film akan disensor untuk memastikan tetap sesuai dengan nilai moral kerajaan itu, demikian Reuters.

(Png – sisidunia.com)