Home » Gaya Hidup » Ini Penjelasan Ahli Gizi Soal Fakta MSG Bikin Otak Lemot

Ini Penjelasan Ahli Gizi Soal Fakta MSG Bikin Otak Lemot



Jakarta – Meski Monosodium Glutamat atau MSG telah lama menjadi kontroversi, namun peminatnya masih banyak. Wajar saja, MSG memang bisa memberikan rasa umami pada masakan sehingga lebih sedap.

Ini Penjelasan Ahli Gizi Soal Fakta MSG Bikin Otak Lemot

Gambar Ilustrasi

Hal ini pun diakui oleh Ahmad Fauzan (22) seorang mahasiswa, bahwa ia masih meragukan kebenaran isu tersebut sehingga membuatnya ikut waspada.

Baca juga : Ini Rahasia Rambut Indah Setiap Hari

“Gue suka micin, tapi ada mitos yang bilang micin itu berbahaya buat otak. Gue juga mulai ngurang-ngurangin micin,” ujar pemilik akun Instagram @fauzan3006.

Mengenai masalah tersebut, Leona Victoria Djajadi MND, ahli gizi dan diet dari University of Sydney menjelaskan fakta sebenarnya. Menurutnya, belum ada fakta mengenai klaim tersebut.

“Micin atau MSG tidak terbukti membuat otak jadi lemot atau membuat orang jadi bodoh. Yang ada MSG itu kandungan natrium (garam)nya tinggi jadi mesti dipertimbangkan terutama bagi penderita hipertensi dan penyakit ginjal,” jelasnya melalui pesan singkat.

Di samping itu, asam amino glutamat yang terkandung di MSG juga sama di semua makanan. Paling tinggi biasanya ada di tomat, jamur, atau rumput laut.

“Karena kalau glutamat itu kan komponennya yang pasti, namun dia terikat dengan siapa. Kalau di MSG terikat dengan sodium atau natrium,” tutupnya.

(Png – sisidunia.com)