Home » Gaya Hidup » Makanan Dan Minuman Ini Bisa Mengakibatkan Dehidrasi

Makanan Dan Minuman Ini Bisa Mengakibatkan Dehidrasi



Jakarta – Makanan hingga minuman berenergi memang nikmat. Namun, konsumsinya perlu diwaspadai lantaran bisa membuat tubuh kekurangan cairan.

Makanan Dan Minuman Ini Bisa Mengakibatkan Dehidrasi

Ilustrasi

Tubuh manusia mengandung 75% air. Untuk itu Anda harus menjaga asupan air dalam tubuh agar tak mengalami dehidrasi.

Bukannya melepas dahaga dan mengenyangkan perut, konsumsi makanan dan minuman ini malah bisa sebabkan tubuh dehidrasi lansir NDTV (9/1/2018).

1. Kopi dan Teh

Ngopi atau ngeteh sudah menjadi kebiasan bagi banyak orang. Namun kedua minuman ini mengandung kafein. Zat inilah yang membuat Anda merasa haus. Selain itu bisa meningkatkan hasrat Anda untuk buang air kecil. Jadi jangan terlalu banyak mengonsumsi kopi dan teh. Sebaiknya konsumsi dua bahan ini 2 atau 3 cangkir perharinya.

2. Alkohol

Minuman memabukan ini bisa membuat kepala Anda pening. Bahkan bikin perut mual. Tidak jarang orang muntah setelah mengonsumsi minuman ini. Hal ini bisa menguras cairan di tubuh. Oleh karena itu, Anda harus mengurangi konsumsi alkohol. Atau perbanyak minum air putih setelah meminum alkohol.

3. Makanan asin

Makanan asin kaya akan sodium atau garam. Garam yang berlebih dalam tubuh bisa menimbulkan rasa haus. Hal ini dikarenakan garam diserap dalam aliran darah. Darah akhirnya mengental sehingga tubuh memerlukan air lebih. Oleh karena itu, hindari konsumsi terlalu banyak makanan seperti keju olahan, hot dog, roti, dan makanan asin lainnya.Selain itu, batasi konsumsi makanan kalengan, makanan olahan, dan makanan beku.

4. Makanan tinggi protein

Jika sedang dalam diet dengan makanan tinggi protein, tubuh Anda beresiko terkena dehidrasi. Tubuh banyak menggunakan air untuk memetabolisme nitrogen yang ada pada protein. Sel tubuh akan kehilangan banyak air. Sehingga Anda akan merasa sangat haus. Jadi pastikan asupan cairan tubuh baik selama menjalani pola diet ini.

5. Makanan dan minuman kadar gula tinggi

Minuman manis dalam kemasan memang menyegarkan. Apalagi kalau diminum dingin dingin di tempat terik. Sangat memanjakan mulut dan tenggorokan. Tapi, walaupun Anda menghabiskan banyak minuman ini, rasa haus Anda tidak akan hilang. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang tinggi ada pada minuman tersebut.

Dikutip dari This Is Insider (30/6), ketika Anda makan makanan/minum manis, gula masuk ke aliran darah dan mulai disirkulasikan ke seluruh tubuh. Partikel gula lalu menyerap air dari sel tubuh sehingga membuat cadangan air dalam tubuh berkurang.

Dengan kata lain, minuman berenergi, bersoda hingga makanan mengandung banyak kurang baik untuk kesehatan. Sebaiknya Anda batasi konsumsi makanan dan minuman ini jika tidak ingin kekurangan cairan.

(Png – sisidunia.com)