Home » News » Pemerintah Akan Putuskan Penambahan Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Pemerintah Akan Putuskan Penambahan Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung



Jakarta – Pemerintah membeberkan penambahan panjang lintasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Kereta ini rencananya terhubung dengan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Pemerintah Akan Putuskan Penambahan Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Ilustrasi

Mengenai hal tersebut pada pekan ini atau pekan depan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah berencana segera memberikan keputusan akhir.

Baca juga : Mengemudi Tanpa Celana, Sopir Taksi Online Ini Dikeler Petugas

“Iya wacana, minggu ini atau minggu depan dirapatin untuk ditambahkan. Finalisasi,” kata dia di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman di Jakarta, Senin (8/1/2018).

Dia menuturkan, jalur tambahan tersebut bakal menghubungkan Bandung dan Bandara Kertajati. Panjang jalur yang bertambah sekitar 80 kilometer (km). Sementara, rencana pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung saat ini sekitar 142 km.

Budi Karya bilang, dengan terhubungnya kereta cepat dengan Bandara Kertajati, maka masyarakat memiliki pilihan penerbangan melalui Jakarta atau Jawa Barat.

“Dari Bandung ke Kertajati, namanya juga ide, tambahan. Supaya orang punya pilihan ke Jakarta atau Kertajati,” ungkap Budi Karya.

Budi Karya mengatakan, langkah tersebut sebagai bagian untuk mendorong pengembangan baik di Jakarta maupun Jawa Barat.

“Saya pikir dengan Kertajati, malah idenya Kertajati sama Soekarno-Hatta link. Orang punya pilihan ke kanan atau kiri. Memang direncanakan, satu waktu Jakarta-Bandung jadi satu mega metropolitan. Dari sekarang kita siapkan, dari Kertajati ke Halim bahkan Soekarno-Hatta,” tandas dia.

(Png – sisidunia.com)