Home » News » Terjadi Gempa Berkekuatan 4,3 di Melonguane

Terjadi Gempa Berkekuatan 4,3 di Melonguane



Manado – Kepala Stasiun Geofisika Winangun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara Irwan Slamet ST MSi mengatakan, gempa berkekuatan 4,3 Skala Richter (SR) yang terjadi di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud pukul 19.15 WITA, Minggu (7/1/2018). Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Terjadi Gempa Berkekuatan 4,3 di Melonguane

Ilustrasi

“Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut terjadi pada koordinat 3.96 LU dan 126.65 BT, dengan kedalaman tujuh kilometer,” kata Irwan di Manado.

Baca juga : Gempa Bumi Berkekuatan 5,3 SR Guncang Mandailing

Menurut dia, peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa guncangan lemah dirasakan di daerah Melonguane dalam skala intensitas I SIG BMKG atau (II MMI) dengan durasi singkat.

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerusakan bangunan,” katanya.

“Terkait dengan peristiwa gempa bumi Melonguane yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 19.46 WITA belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan,” jelasnya.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

“Khusus masyarakat di daerah pesisir Kepulauan Talaud dan sekitarnya diimbau agar tidak terpancing isu, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas patahan lokal karena adanya subduksi (penunjaman) pada lempeng Laut Maluku.

(Png – sisidunia.com)