Home » News » Viral, Sopir Ojek Online Ini Ternyata Seorang Difabel

Viral, Sopir Ojek Online Ini Ternyata Seorang Difabel



Jakarta – Terkait fasilitas umum untuk kaum difabel di Indonesia, seorang driver Gojek bernama Kardhiwan mengungkapkan harapannya.

Viral, Sopir Ojek Online Ini Ternyata Seorang Difabel

Kardhiwan seorang driver ojek online difabel

Pada pertengahan tahun 2017, Kardhiwan sempat viral berkat kegigihannya bekerja walaupaun dengan keterbatasan fisik.

Baca juga : Pelecehan Seksual Kepada Anak, Kak Setu Ingin Pelaku Dihukum Mati

Kardhiwan sendiri adalah salah satu dari mereka. Kaki kiri Kardhiwan diamputasi akibat kecelakaan mobil tahun 2004.

Kardhiwan ingin kaum difabel bisa mendapat akses di beberapa tempat umum. Contohnya adalah stasiun kereta dan halte bus. Banyak orang merasa kesulitan apalagi mereka tidak memiliki kendaraan sendiri.

“Saya ingin ada akses ke tempat-tempat umum seperti stasiun, terminal atau halte. Itu belum semuanya bisa akses. Kasihan kalau teman-teman yang belum punya kendaraan, mau kemana-mana agak susah,” ujar Kardhiwan ketika berada di daerah Karet, Jakarta Pusat pada Jumat (30/12/2018).

Kemudian Kardhiwan juga berharap akses kaum difabel lebih diperhatikan di tempat hiburan seperti bioskop.

“Terus kita mendapat akses ke tempat rekreasi seperti mall dan bioskop. Ada teman saya belum pernah ke bioskop. Mereka ingin menonton di bioskop cuma kursi roda kan nggak ada akses,” imbuh Kardhiwan.

Kaum difabel pun berencana untuk menghubungi pihak terkait demi mengatasi isu tersebut. Mereka sudah pernah melakukan hal serupa ke AEON Mall, One Bell Park, dan Masjid Istiqlal. Hasilnya positif dimana akses kaum difabel menjadi lebih diperhatikan.

(Png – sisidunia.com)