Home » News » Iran Tuding Telegram dan Instagram Digunakan Sebagai Propaganda

Iran Tuding Telegram dan Instagram Digunakan Sebagai Propaganda



Teheran – Aksi demonstrasi di negeri Mullah, Iran, sejak Kamis, 28 Desember 2017, memakan korban sebanyak 12 orang.

Iran Tuding Telegram dan Instagram Digunakan Sebagai Propaganda

Iran Tuding Telegram dan Instagram Digunakan Sebagai Propaganda

Menerapkan kebijakan memblokir akses ke sejumlah media sosial, hal itu diungkapkan secara langsng oleh Pemerintahan Presiden Hassan Rouhani.

Instagram dan Telegram, media sosial yang terkena dampaknya. Untuk menenteramkan situasi, Rouhani mengatakan bahwa pemblokiran dilakukan.

Kantor berita pemerintah, ISNA, Selasa, 2 Januari 2018 menyatakan, dua aplikasi tersebut dianggap sebagai media utama yang dipakai para pengunjuk rasa.

Melalui via Telegram materi propaganda dibagikan. Sementara gambar-gambar saat demonstrasi diambil, dan disalurkan melalui Instagram.

Media sosial memang menjadi sumber yang sangat penting bagi pengunjuk rasa di Iran.

Media independen kesulitan meliput kejadian di Iran, sehingga pengunjuk rasa menggunakan aplikasi macam Telegram untuk berbagi informasi.

Seorang ulama yang berpengaruh, Ayatollah Mohsen Araki mengatakan kepada ribuan demonstran pro-pemerintah di Teheran, ibu kota Iran, bahwa ‘musuh’ ingin menggunakan media sosial dan isu-isu ekonomi untuk menimbulkan hasutan baru.

CEO Telegram, Pavel Durov, langsung angkat bicara. Ia menyayangkan sikap rezim Hassan Rouhani dengan berkicau di Twitter.

Baca juga : Rusuh, Demo di Iran Menyebabkan 12 Orang Tewas

“Otoritas Iran teleh memblokir akses menuju Telegram setelah publik menolak untuk menutup media sosial yang melakukan protes secara damai,” kata Durov.

Atas harga barang yang terlalu tinggi dan kepada rezim Rouhani, aksi warga turun ke jalan untuk mengekspresikan kekecewaan.

Selain itu, mereka juga mengungkapkan kemarahan karena pemerintah terlalu sibuk mengurusi urusan kawasan Timur Tengah dibanding negara mereka sendiri.

(Png – sisidunia.com)