Home » Hiburan » Gempa Berkekuatan 5,1 SR Guncang Kepulauan Talaud

Gempa Berkekuatan 5,1 SR Guncang Kepulauan Talaud



Jakarta – Terjadi gempa bumi berkekuatan 5,1 skala richter pada koordinat episenter pada 4,0 LU dan 126,68 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak satu kilometer arah selatan Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 25 kilometer sekira pukul 19.47 WIB.

Gempa Berkekuatan 5,1 SR Guncang Kepulauan Talaud

Ilustrasi

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi mengatakan, hingga pukul 20.10 WIB tidak ada gempa susulan di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Baca juga : Terserang Difteri, Mahasiswi UIN Meninggal Dunia

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Riyadi, Senin (25/12/2017).

Dampak gempa bumi yang didasarkan kepada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat, guncangan dirasakan di Melonguane dengan intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI). Hingga laporan ini dibuat, belum ada laporan kerusakan.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng, sementara berdasarkan peta tatanan tektonik, di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud terdapat zona pertemuan lempeng antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Laut Filipina.

Hal tersebut sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh aktivitas sesar naik (thrust fault).

(Png – sisidunia.com)