Home » Gaya Hidup » Beberapa Tips, Agar Liburan Bisa Maksimal dan Hemat

Beberapa Tips, Agar Liburan Bisa Maksimal dan Hemat



Jakarta – Musim liburan akhir tahun tiba. Sebagai persiapan, ada banyak yang bisa kita lakukan untuk melakukan persiapkan sejak dini, untuk memanfaatkan momen libur panjang ini. Antara lain, Anda bisa mulai mempersiapkan rencana kegiatan yang akan dilakukan, dan yang tak kalah penting mempersiapkan anggaran atau bujet.

Beberapa Tips, Agar Liburan Bisa Maksimal dan Hemat

Beberapa Tips, Agar Liburan Bisa Maksimal dan Hemat

Untuk menjalani berbagai aktifitas selama liburan, persiapan bujet liburan diperlukan agar Anda tidak sampai kesulitan. Persiapan bujet liburan dapat dilakukan dengan menyisihkan penghasilan setiap bulan dan bonus yang mungkin diterima menjelang akhir tahun.

Memperkiraan bujet liburan sejak dini merupakan hal yang sangat krusial agar Anda tidak sampai terpaksa meminjam uang kepada bank demi pergi liburan. Selain itu, membuat perkiraan bujet liburan sejak dini membuat Anda lebih fleksibel untuk mencari cara menghemat bujet liburan yang telah Anda buat.

Ada beberapa jalan yang bisa Anda lakukan untuk menikmati liburan akhir tahun hemat namun tetap menyenangkan, jika bicara soal menghemat bujet pergi liburan. Apa saja? simak ulasannya :

1. Jangan pergi liburan jauh-jauh saat puncak masa berlibur

Tanggal-tanggal menjelang akhir tahun merupakan hari-hari yang mahal untuk pergi berlibur. Anda bisa coba untuk memilih pergi berlibur jauh hari sebelumnya (misalnya di awal Desember), sedangkan liburan akhir tahun dihabiskan di daerah lokal atau daerah terjangkau dari tempat tinggal Anda. Harga tiket transportasi, akomodasi, maupun objek wisata cenderung lebih murah di luar tanggal merah atau tanggal liburan panjang.

2. Pakai alternatif transportasi selain pesawat

Gunakan transportasi alternatif selain pesawat untuk menghemat biaya perjalanan. Misalnya Anda dari Jakarta dan ingin berlibur ke Bali. Kalau ingin menghemat tiket pesawat, Anda bisa mencoba jalur alternatif dengan menggunakan kereta dan feri untuk menuju Bali.

Jika Anda orang yang menikmati perjalanan, cara ini cukup ampuh untuk memberikan suasana baru saat berlibur, tentu sekaligus untuk menghemat biaya.

3. Beli paket liburan

Menjelang bulan-bulan musim liburan, banyak agen perjalanan dan biro travel yang menawarkan paket khusus liburan. Anda bisa menghemat uang dan waktu dalam merencanakan itinerary saat menggunakan jasa mereka.

Anda juga bisa menanyakan potongan harga untuk perjalanan rombongan. Biasanya potongan biaya selalu tersedia untuk perjalanan rombongan. Baca juga: 5 Jenis Pinjaman Tanpa Bunga yang Bisa Kamu Manfaatkan

Baca juga : Beberapa Langkah Mudah Untuk Hapus Akun Gmail

4. Pakai tiket terusan

Banyak objek-objek wisata yang saling bekerjasama untuk menawarkan tiket terusan. Tiket terusan umumnya mencakup dua atau lebih ijin masuk objek wisata. Harganya juga jauh lebih murah dibandingkan jika Anda membeli tiket masuk sendiri-sendiri. Anda bisa coba mencari harga tiket terusan di situs agen travel lokal.

5. Manfaatkan promo musim liburan

Selain agen perjalanan, banyak pula hotel atau maskapai penerbangan yang menawarkan promo berlibur. Biasanya Anda bisa mendapatkan promosi jika bertransaksi dengan kartu kredit tertentu.

Pastikan Anda memiliki kartu kredit yang tepat untuk memanfaatkan berbagai promo tersebut. Bijaklah dalam mempersiapkan budget liburan agar kondisi keuangan Anda tetap stabil dalam jangka panjang.

(Png – sisidunia.com)