Home » News » Hujan Akibatkan Ratusan Rumah di Brebes Terendam Banjir

Hujan Akibatkan Ratusan Rumah di Brebes Terendam Banjir



Brebes – Banjir merendam ratusan rumah di Desa Ketanggungan Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Hal itu dikarenakan hujan deras di kawasan Brebes bagian selatan.

BandunHujan Akibatkan Ratusan Rumah di Brebes Terendam Banjirg Barat Direndam Banjir Sejak Tadi Sore

Ilustrasi

Air sungai meluap dan mulai masuk ke rumah warga desa sekitar pukul 20.00 WIB. Air mengalir dengan deras di sekitar pemukiman. Meski rumah terendam banjir, warga terdampak belum ada yang mengungsi.

Baca juga : Hari Jumat Diprediksi Menjadi Puncak Arus Mudik Natal

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, Eko Andalas menuturkan, saat ini air sudah mengalir ke arah utara melewati Desa Sutamaja. Rumah rumah di pinggiran Sungai Babakan banyak yang sudah terendam banjir.

“Ini banjir limpasan, mudah-mudahan tidak berlangsung lama. Sehingga warga bisa kembali ke rumah masing masing,” kata Eko Andalas.

Dia menjelaskan genangan air terjadi di Desa Ketanggungan atau seputaran pertigaan lampu merah hijau terminal. Akibat luapan air ini, ketinggian air di jalan provinsi 20 cm. Daerah di sekitar tanggul ketinggiannya mencapai 40 – 50 cm.

“Sejauh ini belum ada yang mengungsi. Tim BPBD dan anggota TNI serta Polri sudah terjun ke lokasi. Petugas melakukan evakuasi terhadap anak anak dan orang tua. Masyarakat sekitar Desa Ketanggungan juga sudah diminta siaga bencana,” kata Eko.

Saat ini BPBD belum bisa menaksir kerugian akibat bencana ini. Mereka masih fokus menyiapkan logistik jika sewaktu waktu diperlukan, termasuk perahu karet dan ratusan karung. (png – sisidunia.com)