Home » News » Twitter Lakukan Ujicoba Fitur Baru Mirip Instagram

Twitter Lakukan Ujicoba Fitur Baru Mirip Instagram



Jakarta – Twitter kini tengah melakukan uji coba fitur baru yang disebut Bookmarks. Bookmarks bakal dipakai untuk menyimpan tweet dari pengguna lain secara pribadi.

Twitter Lakukan Ujicoba Fitur Baru Mirip Instagram

Twitter Lakukan Ujicoba Fitur Baru Mirip Instagram

Salah satu staff desainer produk Twitter, Tina Koyama membocorkn hal tersebut melalui akun pribadinya @tinastsh. Di salah satu tweet, ia menunjukan munculnya fitur Bookmarks.

“Kabar dari tim #SaveForLater (simpan untuk nanti). Kami memutuskan untuk menamai fitur kami Bookmarks karena nama tersebut umum digunakan untuk menyimpan konten dan cocok dengan fitur lainnya dalam navigasi,” tulis Tina dalam kicauannya.

Mirip dengan fitur simpan di Instagram, menyimpan sebuah tweet di Bookmarks memungkinkan kicauan tersebut untuk dibaca lain kali atau bisa dibaca berulang kali dalam waktu yang berbeda.

Baca juga : Franda Memilih Untuk Tidak Percaya Dengan Mitos Kehamilan

melalui akun pribadinya Manajer paroduk Twitter, Jesar Shah, menunjukan cara kerja fitur Bookmarks.

“Untuk Twitter Hack Week kami mulai mengembangkan #SaveForLater. Inilah prototype awal yang kami buat dalam seminggu. Masih ada kemungkinan bakal berubah,” kicau Jesar

Cara kerja Bookmarks

Menu Bookmarks akan tersedia di menu pilihan yang berlogo titik tiga, di pojok kanan di bawah kolom tweet, menggantikan posisi logo pesan langsung (direct message).

Setelah memilih logo tersebut, akan muncul menu “add to Bookmarks” atau tambah ke Bookmarks.

Untuk melihat kembali kicauan-kicauan yang telah disimpan di Bookmarks, klik pada menu profil. Dalam menu profil akan muncul menu Bookmarks sebagai salah satu pilihan.

Baca juga : Ketika Akun Twitter Pentagon Minta Presiden Trump Lengser

Kepala produksi Twitter, Keith Coleman, mengatakan bahwa fitur ini dikembangkan karena banyaknya permintaan pengguna, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge pada Minggu (26/11/2017).

Para pengguna ingin menyimpan tweet yang akan dibaca nanti hanya utuk diri mereka sendiri tanpa harus muncul di linimasa publik.

Saat ini satu-satunya cara untuk menyimpan kicauan yang ingin dibaca nanti adalah menggunakan memberikan “like”yang berlogo hati.

Tapi, tweet orang lain yang diberi “like” akan muncul di profil pengguna dan terkadang linimasa pengikut (followers). Si orang yang kicauannya diberi “like” juga akan menerima notifikasi soal hal tersebut.

Twitter masih belum mengungkapkan kapan Bookmarks akan digulirkan secara resmi setelah melewati uji coba.

 

(Png – sisidunia.com)