Home » Travel & Kuliner » Resep Tumis Kangkung Terasi

Resep Tumis Kangkung Terasi



Jakarta – Sepertinya resep tumis kangkung ini cocok untuk disajikan dimeja makan keluarga, untuk Anda dan keluarga yang sangat menyukai sayuran. Resep cah kangkung ada banyak, salah satu resep favorit yang bisa anda coba adalah tumis kangkung terasi.

Resep Tumis Kangkung Terasi

Resep Tumis Kangkung Terasi

Masakan ini merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia.

Silahkan lihat resep tumis kangkung terasi berikut ini…

TIPS: Sebelum mulai memasak, sebaiknya baca 3 tips berikut ini :

*1. Kunci kenikmatan oseng-oseng terletak pada keberanian bumbu alias jangan terlalu pelit;-). Pastikan bumbu ditumis sampai benar2 matang sebelum sayuran dimasukan supaya masakan terasa sedap dan tidak hambar/cemplang.

*2. Masak Tumis Kangkung sesaat sebelum dihidangkan dan santap segera. Bagi anda yang kurang menyukai bumbu terasi, silahkan mencoba versi lain yang simpel tetapi rasanya tak kalah lezat pada link di akhir artikel ini.

*3. Setelah matang, sebaiknya kangkung jangan dipanaskan kembali. Menurut beberapa sumber, memanaskan kangkung beberapa kali bisa menyebabkan keracunan.

Bahan:
1 ikat kangkung

1 lombok merah besar

lombok merah kecil (cabe rawit) sesuai selera

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

Saus tiram ± 3 sdm

Lengkuas 1/3 ruas jari

Sedikit garam

Gula aren/gula pasir secukupnya

Tomat

Mentega / minyak

Cara Memasak Tumis Kangkung:

Siapkan adalah kangkung yang telah dibersihkan dan di petik daunnya.

Iris bawang merah dan bawang putih, tomat dan cabai

Panaskan mentega atau minyak di atas penggorengan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.

Masukan cabai , terasi, dan lengkuas segera lingkarkan saus tiram di pinggir2 bumbu yang sedang ditumis, bukan langsung ke bumbunya.

Setelah itu masukan kangkung yang telah di cuci, jangan ditambahkan air. usahakan jangan menambahkan air ketika menumis sayuran. Karena sebenarnya air akan keluar sendiri dari kangkung yang dicuci. akali dengan mengecilkan api.

Setelah matang/atau hampir matang masukan garam dan gula. tahap terakhir ini usahakan untuk mencicipi dahulu kuahnya. karena biasanya terasi dan saus tiram sendiri sudah asin. Masukan tomat dan siap di hidangkan hangat-hangat.

(Png – sisidunia.com)