Home » News » Sempat Ditertawakan Putin, Rusia Tetap Ekspor Babi Ke Indonesia ?

Sempat Ditertawakan Putin, Rusia Tetap Ekspor Babi Ke Indonesia ?



Moscow – Pada pertengahan Oktober lalu, usai mendengar pernyataan Menteri Pertaniannya Alexander Tkachev menyebut akan mengekspor daging babi ke Indonesia, Vladimir Putin terpingkal-pingkal.

Sempat Ditertawakan Putin, Rusia Tetap Ekspor Babi Ke Indonesia ?

Sempat Ditertawakan Putin, Rusia Tetap Ekspor Babi Ke Indonesia ?

Ia tertawa mendengar itu, dan wajah Presiden Rusia itu pun memerah saking lepas tertawanya. Putin menilai menterinya begitu konyol sehingga ‘nekat’ mengekspor daging babi ke penduduk yang mayoritas muslim seperti Indonesia.

“Tidak, mereka tidak akan melakukannya (memakan babi),” kata Putin seraya terbahak-bahak seperti terlihat dalam video yang menjadi viral di jejaring sosial.

Namun demikian, sepertinya sudah bukan lelucon lagi, tawa Putin soal kekonyolan menterinya itu. Isyarat Putin bahwa ekspor babi tak cocok untuk Indonesia, ternyata tetap dilakukan oleh Rusia.

“Kami sudah mengajukan dokumen pada bulan Agustus untuk mendapatkan persetujuan impor (daging babi) ke Kementerian Pertanian Indonesia,” ujar Maria Matsuri, perwakilan dari Kamar Dagang Rusia saat di Indonesia.

Baca Juga: Busana Kimberly Ryder di Acara Ini Dipersoalkan Netizen

Meski Maria mengakui pengajuan itu hingga kini memang belum direspons Indonesia, namun ini menjadi bukti bahwa bisnis babi Rusia bukanlah lelucon semata seperti yang dikira seorang Vladimir Putin.

Yang jelas, keinginan Rusia untuk mengeskpor daging babi telah muncul lantaran adanya ledakan produksi babi di sejumlah negara penghasil babi.

Ada lonjakan produksi 20 persen setiap tahun atau setara 4,2 juta ton dari Catatan Produsen Nasional Babi. Jumlah itu menjadi angka tertinggi produksi babi dalam 25 tahun terakhir.

(Png – sisidunia.com)