Home » News » Transplantasi Lengan Pertama di Asia Dilakukan Mahasiswa Ini

Transplantasi Lengan Pertama di Asia Dilakukan Mahasiswa Ini



India – Transplantasi lengan yang pertama di Asia dilakukan di Institut Kedokteran Sains Amrita (AIMS), India. Shreya Siddanagowda, perempuan berumur 19 tahun yang menjadi pasien pertamanya.

Transplanrasi Lengan Pertama di Asia Dilakukan Mahasiswa Ini

Shreya Siddanagowda

Mahasiswi teknik kimia Institut Manipal kehilangan kedua lengannya saat kecelakaan di jalan raya tahun lalu. Dan, orang yang menjadi pendonornya adalah Sachin, mahasiswa 20 tahun dari Sekolah Rajagiri Ernakulam.

Baca juga : Tukang Becak Pengantar Tamu Undangan Pernikahan Putri Presiden Harus Berbusana Ini

Sachin mengalami cedera kepala fatal akibat kecelakaan sepeda motor beberapa hari yang lalu. Otak Sachin mati total. Kedua orangtua Sachin bersedia menyumbangkan lengan untuk Shreya, dan organ lainnya untuk ditransplantasi.

Kala itu, putri pasangan Suma Nuggihalli dan Fakirgowda Siddnagowder, manajer senior di Tata Motors, Pune, India, mengalami kecelakaan bus. Bus terbalik dan hancur, yang membuat lengan perempuan ini hancur.

Ia dilarikan ke rumah sakit dan kedua lengannya harus diamputasi dari siku. Dibutuhkan 20 ahli bedah dan 16 tim anestesi, yang dipimpin oleh Dr Subrahmania Iyer, Kepala Bagian Bedah Plastik dan Rekonstruksi Amrita Institute of Medical Science. (Seph – sisidunia.com)