Home » News » Nuklir Korut Dapat Menyebabkan Dampak Iklim Yang Serius

Nuklir Korut Dapat Menyebabkan Dampak Iklim Yang Serius



Washington, DC – Isu nuklir Korea Utara memang tak bisa dianggap enteng. Menurut seorang pakar keamanan internasional mengatakan, senjata pemusnah massal milik Korut itu selain berpotensi memicu kematian dalam jumlah besar, namun juga bisa menyebabkan berbagai masalah krusial berskala global. Beberapa di antaranya adalah ancaman kerusakan iklim dan lingkungan.

Nuklir Korut Dapat Menyebabkan Dampak Iklim Yang Serius

Nuklir

“Ledakan sebuah bom nuklir mampu memicu kepulan debu dan material kecil ke udara. Jika dijatuhkan ke sebuah hutan atau kota, dampak kerusakannya bisa lebih parah,” kata Paul Edwards dari Stanford University Amerika Serikat, seperti yang dikutip dari Newshub.co.nz, Selasa (24/10/2017).

Baca juga : Undangan Pernikahan Satu Pria Dengan 2 Wanita Ini Mendadak Viral

“Jika meledak di kota atau hutan, api bom nuklir mampu membumbung hingga ke stratosfer Bumi. Api dan radiasi panasnya kemudian akan tersirkulasi ke seluruh wilayah Bumi, melubangi lapisan ozon, dan mampu menyebabkan dampak iklim yang cukup serius.”

“Selain itu, kepulan debu dan material yang terangkat ke atmosfer akibat ledakan, dapat menghalangi sinar Matahari. Hal itu mampu menyebabkan penurunan suhu dunia hingga mencapai 2 derajat Celcius, seperti pada Zaman Es di Bumi, sekitar 700 atau 800 tahun yang lalu.”

Seluruh kejadian itu akan menyebabkan kekeringan, kerusakan ekosistem, gagal panen, bencana kelaparan, dan menimbulkan kerugian krusial bagi manusia. (Seph – sisidunia.com)