Home » Otomotif » Terlihat Sepele, Inilah Fungsi Sirip di Lampu Belakang Innova

Terlihat Sepele, Inilah Fungsi Sirip di Lampu Belakang Innova



Jakarta – All new Toyota Kijang Innova tak hanya mempunyai sirip pada belakang atap yang berfungsi sebagai antena. Sirip lainnya ada di dua tempat berbeda.

Terlihat Sepele, Inilah Fungsi Sirip di Lampu Belakang Innova

Terlihat Sepele, Inilah Fungsi Sirip di Lampu Belakang Innova

Terlihat pada lampu belakang ada dua sirip dan satu sirip di depan dekat spion. “Kalau nama kerennya aero stabilizing fin. Itu merupakan komponen aerodinamika mobil,” jelas Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division.

Ia menjelaskan, seperti halnya spoiler atau bentuk mobil yang streamline, komponen tersebut berfungsi pada kecepatan tinggi. Kalau sedang macet tentu tidak akan ada efeknya karena fungsi inti dari komponen ini untuk mengurangi hambatan udara pada mobil.

“Saat kecepatan tinggi, fungsinya untuk mengarahkan angin dari samping kendaraan supaya lurus ke belakang. Tanpa komponen ini, angin bisa berantakan alirannya,”

“(Untuk diketahui) angin kalau kalau di ekor mobil itu muter dan menciptakan kevakuman. Jadi seolah-olah, kalau di pantat mobil vakum seperti ada yang menahan mobil ke belakang,” bebernya.

Dirinya juga menyampaikan, sirip tersebut bukanlah hiasan dengan alasan estetika. “Selain bisa membuat mobil lebih efisien, sirip ini bisa meningkatkan kestabilan saat kencang. Jadi bukan sekadar hiasan,” pungkasnya.

(Png – sisidunia.com)