Home » Gaya Hidup » Cegah Kanker Serviks Dengan Melakukan Deteksi Dini

Cegah Kanker Serviks Dengan Melakukan Deteksi Dini



Surabaya – Peran wanita di era modern ini memang butuh perhatian lebih. Selain banyaknya aktifitas yang menyita waktu, kaum perempuan juga dituntut untuk bisa tetap tampil bugar dengan peduli akan kesehatannya.

Cegah Kanker Serviks Dengan Melakukan Deteksi Dini

Saat ini, salah satu ancaman menakutkan yang harus mulai menjadi perhatian wanita adalah bahaya kanker serviks. Jenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik itu menyerang leher rahim. Dan menurut data dari organisasi badan kesehatan dunia dan beberapa rumah sakit terkemuka di Indonesia, kanker serviks telah menjadi pembunuh 3 besar terbanyak perempuan.

Ketua Umum Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia Prof Andrijono, SpOG(K) menyebut bahwa terdapat 30.400 kasus kanker serviks per tahun di Indonesia. Selain itu, Prof Andrijono juga membenarkan bahwa di Indonesia, kanker serviks menjadi salah satu kanker penyebab kematian paling banyak ketiga.

Penyebab meningkatnya kasus kematian akibat kanker serviks di Indonesia salah satunya adalah karena disebabkan oleh rendahnya cakupan skrining kanker serviks. Hanya sekitar 7,7 persen melakukan pap smear dan 3,5 persennya melakukan IVA. Padahal menurut Prof Andrijono pengobatan dengan operasi hanya untuk penderita kanker serviks yang masih stadium satu, sedangkan untuk stadium lanjut dengan disinar atau kemoterapi peluang kesembuhan hanya sekitar 6 persen.

Usia penderita kanker serviks dari tahun ke tahun juga mengalami penurunan. Jika sebelumnya rata-rata penderita kanker serviks di usia 45 tahun, kini penyakit mematikan tersebut bisa menyerang wanita di usia 21-25 tahun.

Melihat angka-angka yang semakin mengkhawatirkan itu, Kemenkes mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kanker serviks dengan melakukan deteksi dini secara rutin. Hal itu harus dilakukan karena jumlah penderita dan kematiannya yang terus meningkat.

“Dengan deteksi dini, kejadian kanker dapat ditemukan lebih awal sehingga keberhasilan pengobatannya semakin besar,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Oscar Primadi dalam keterangan tertulis.

Prodia sebagai Laboratorium klinik terbaik kini juga telah menghadirkan Prodia Women’s Health Center (PWHC), klinik layanan kesehatan khusus perempuan berbasis Women-Wellness yang pertama di Indonesia. Klinik PWHC yang berada di Wolter Mongonsidi, Jakarta Selatan ini telah didesain khusus dengan karakter dan sentuhan perempuan, dan didukung dengan perlengkapan teknologi diagnostik terbaru untuk pencegahan dini maupun pencegahan lanjutan.

melakukan pengecekan kesehatan secara rutin menjadi upaya penting mencegah perempuan terkena kanker serviks

Dengan slogan Perempuan Sehat, Perempuan Hebat: Ayo Deteksi Dini untuk Cegah Kanker Serviks, Prodia mengajak masyarakat untuk lebih peduli dalam melakukan pemeriksaan sejak dini. Beberapa layanan yang ada di PWHC mencakup :

– Pemeriksaan Laboratorium Lengkap
– Advanced Ultrasonography
– Konsultasi Team Dokter Ahli
– Histeroskopi
– Kolposkopi
– X-Ray

melakukan pengecekan kesehatan secara rutin menjadi upaya penting mencegah perempuan terkena kanker serviks

Meninggalnya dua publik figur beberapa waktu lalu memang telah membuka mata kita semua untuk berjuang memerangi angka kematian yang disebabkan oleh Kanker Serviks. Dan meskipun kanker jenis ini tidak menular, namun melakukan pengecekan kesehatan secara rutin menjadi upaya penting mencegah perempuan terkena kanker serviks (Spk – sisidunia.com)