Home » Hiburan » “Seniman Rela Pinjamkan Patung Kesayangannya Untuk RPTRA Kalijodo “

“Seniman Rela Pinjamkan Patung Kesayangannya Untuk RPTRA Kalijodo “



Jakarta – Respati Teguh Santoro Ostenrik seniman yang membuat Patung Menembus Batas, sudah menunggu 27 tahun untuk mencari tempat yang tepat bagi 4 potongan tembok Berlin yang dimilikinya.

"Seniman Rela Pinjamkan Patung Kesayangannya Untuk RPTRA Kalijodo "

“Seniman Rela Pinjamkan Patung Kesayangannya Untuk RPTRA Kalijodo “

Akhirnya Teguh setuju karyanya itu ditempatkan sebgai public art di RPTRA Kalijodo. Menurut Teguh selama tempat ini dimanfaatkan untuk masyarakat luas, ia rela menitipkan potongan tembok itu di sana.

“Patung menembus batas kan konsepnya public art dan Kalijodo itu tempat umum, khalayak ramai boleh datang ke sini tanpa bayar. Selama Kalijodo diperuntukkan untuk umum, saya pinjamkan patung ini kepada DKI Jakarta,” kata Teguh di RPTRA Kalijodo, Selasa (26/9/2017).

Patung Menembus Batas tidak hanya terdiri dari 4 potongan tembok Berlin saja. Teguh melengkapinya dengan figur manusia dari lempengan baja.

Baca juga : Heboh Foto Itunya Vega Darwanti Dipegang Artis Ini

Teguh mengatakan, sebenarnya desain itu pernah ditawarkan kepada Wiyogo Atmodarmito yang dulu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Wiyogo sudah tertarik untuk menjadikan karya Teguh sebagai public art.

“Tapi entah kenapa mungkin karena chemistry-nya belum jalan, jadi saya terpaksa harus menunggu 27 tahun,” kata Teguh.

Teguh tidak keberatan jika area Patung Menembus Batas dijadikan tempat pertunjukan teater maupun konser kecil. Selama digunakan untuk kepentingan umum yang baik, dia tidak keberatan.

“Tapi kalau misalnya Kalijodo diperuntukkan untuk hal-hal yang lain, akan saya tarik,” kata Teguh.

Potongan tembok Berlin itu baru tiba di RPTRA Kalijodo, kemarin. Rencananya, Patung Menembus Batas akan diresmikan oleh Djarot pada 3 Oktober. Pemilihan tanggal itu juga memiliki arti khusus yaitu hari penyatuan kembali Jerman.

(Baharudin – sisidunia.com)