Home » Gaya Hidup » Manfaat Baking Soda Untuk Tubuh Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Manfaat Baking Soda Untuk Tubuh Yang Mungkin Belum Anda Ketahui



Jakarta – Bingung dengan banyaknya produk perawatan untuk tubuh? Jika kamu ingin lebih hemat dengan perawatan simpel, bahan yang satu ini akan membantumu. Itu adalah baking soda yang dikenal sebagai campuran dalam membuat kue.

Manfaat Baking Soda Untuk Tubuh Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Manfaat Baking Soda Untuk Tubuh Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Dengan satu bahan ini, kamu bisa melakukan perawatan rambut, kulit, mulut, dan kuku. Simak detailnya di bawah ini berdasarkan yang dirangkum dari Brightside:

1. Deodoran Alami

Baking soda bisa menjadi bahan ampuh yang mengatasi masalah bau badan. Baking soda dapat digunakan sebagai deodoran alami dengan cara mencampurkannya dengan air, kemudian dioleskan di ketiak. Campuran itu juga bisa digunakan untuk mengatasi bau kaki.

2. Atasi Bekas Gigitan Serangga

Gunakan bahan yang sama dengan poin pertama di atas. Pasta dari baking soda juga mampu mengatasi ruam merah di kulit akibat gigitan serangga.

3. Scrub

Menggunakan baking soda sebagai scrub, ada 3 manfaat untuk merawat kulit wajahmu. (1) Untuk lulit lebih cerah, campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1 sendok teh lemon dan 4-5 tetes minyak pohon teh. Aplikasikan ke wajah dan pijat menggunakan kuas khusus.

(2) Menyingkirkan komedo: Campurkan 1 sendok teh baking soda dan setengah sendok teh madu. Oleskan ke area yang berkomedo, diamkan 5 menit, lalu pijat dan bilas.

(3) Menyamarkan garis dan keriput. Campurkan 2 sendok teh baking soda dan 1 sendok teh minyak kelapa. Pijjat wajah secara menyeluruh selama 5-7 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan 1-2 kali dalam satu minggu.

4. Perawatan Rambut

Untuk perawatan rambut, campurkank 9 sendok makan air dan 3 sdm baking soda. Oleskan campuran tersebut dari akar ke ujung rambut dengan botol kecil, kemudian pijat kulit kepala. Selanjutnya, aplikasikan juga campuran cuka dan sari apel, pijat lagi dan bilas. Perawatan ini akan membuat rambut mengkilap, sehat dan tumbuh panjang.

5. Hilangkan Stretch Marks

Perawatan ini cukup mudah dilakukan. Caranya, campurkan 3 sdm baking soda dan jus yang diperas dari setengah bagian buah lemon. Gunakan campuran tersebut untuk memijat area tubuh yang ada stretch marks. Pemijatan itu akan membuat jaringan tubuh beregenerasi dengan cepat.

6. Atasi Bau Mulut dan Plak

Berkumurlah dengan campuran 2 sendok teh baking soda, cairan jeruk nipis dan setengah cangkir air. Ini bisa mengatasi bau mulut dan mengurangi plak di gigi.

7. Atasi Abses Pada Kuku

Apakah di area kukumu terdapat abses seperti pada gambar di atas? Baking soda dapat membantu mengatasinya. Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh baking soda, 1 sdt garam dan segelas air. Rendam bagian yang terdapat abses dua kali sehari selama 15-20 menit.

8. Atasi Kulit Terbakar karena Matahari

Bukan soal takut hitam atau lain-lain, terkena sengatan matahari memang tak bagus bagi kulit. Tak jarang sebagian orang bisa merasakan perihnya kulit yang terlalu lama terkena sinar matahari. Untuk mengatasinya, campurkan secangkir baking soda di bak mandi berisi air dingin. Selain itu, garam dan air juga bisa meredakan rasa sakit di area yang terasa terbakar.

9. Memutihkan Gigi

Baking soda sangat ampuh untuk yang satu ini, jadi tidak perlu menggunakannya setiap hari. Untuk membuat gigimu lebih putih, caranya bubuhkan bubuk baking soda di sikat gigi dan tambahkan 2-3 tetes air lemon. Gosok gigimu seperti biasa dan lihat hasilnya kemudian.

 

(Baharudin – sisidunia.com)