Home » News » Tanggapan Kominfo Terkait Maraknya Video Genjer-genjer

Tanggapan Kominfo Terkait Maraknya Video Genjer-genjer



Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tidak akan meminta YouTube untuk memblokir lagu Genjer-genjer yang saat ini marak di laman berbagi video itu. Sebab, memang tidak ada larangan atas lagu yang populer di era 1960-an itu.

Tanggapan Kominfo Terkait Maraknya Video Genjer-genjer

Tanggapan Kominfo Terkait Maraknya Video Genjer-genjer

“Belum ada larangan untuk lagu Genjer-Genjer. Jadi itu tidak dilarang. Dan kami tidak akan mencabut,” ujar Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pengerapan.

Genjer-genjer menjadi lagu yang tabu di era orde beru. Sebab, lagu dari Banyuwangi, Jawa Timur itu dianggap identik dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Baca juga : Warga Purworejo Bermain Sepak Bola Api Untuk Menyambut Tahun Baru Islam 1439

Namun, saat ini lagu tersebut sangat mudah untuk diakses di YouTube. Bahkan beragam versi Genjer-genjer juga ada, termasuk yang dinyanyikan penyanyi ternama era 1960-an Lilis Surjani.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Brigjen TNI Totok Sugiharto menyatakan, Genjer-genjer memang identik dengan jargon PKI yang anti-Pancasila. “Nah, kelompok-kelompok itu memang sengaja membangun opini publik untuk kepentingan kelompoknya sendiri,” katanya.

Karena itu TNI tak tinggal diam dengan membanjirnya lagu Genjer-genjer di medsos. Hanya saja, untuk pelarangan Genjer-genjer memang menjadi kewenangan pemerintah.

“Tentunya pemerintah dalam hal ini Kominfo merupakan leading sector yang banyak mengeluarkan regulasi terkait dengan media cetak, elektronik maupun medsos,” pungkasnya

(Baharudin – sisidunia.com)