Home » Gaya Hidup » Tips Hemat Tagihan Listrik Untuk Rumah Ber-AC

Tips Hemat Tagihan Listrik Untuk Rumah Ber-AC



Jakarta – Ketika sebuah rumah sudah tertata dengan rapi dan bersih, belum lengkap rasanya jika belum dipasang AC. Pasalnya, ketika menjelang siang hari, terutama ketika cuaca sedang panas, menggunakan AC menjadi alternatif agar Anda dan keluarga bisa santai di rumah tanpa merasa kepanasan karena teriknya matahari.

Tips Hemat Tagihan Listrik Untuk Rumah Ber-AC

Ilustrasi

Namun, Anda mesti ingat, jika cuaca sedang panas, kerja AC akan semakin berat, sehingga banyak menyedot energi listrik. Jika belakangan ini Anda mendapati tagihan listrik membengkak, bisa jadi karena penggunaan AC yang berlebihan.

Baca  juga  : Awas, Makan Kacang Berlebih Bisa Menyebabkan Ini

Ini terjadi karena semakin Anda menurunkan suhu di mesin pendingin agar dapat menyejukan ruangan, semakin besar juga daya listrik yang disedot. Jika ini dilakukan cukup sering, tagihan bulanan listrik akan semakin membengkak.

Akan tetapi, jangan khawatir dulu tentang tagihan yang membengkak tersebut karena ada cara untuk menyiasatinya. Apa saja? Berikut ini ada beberapa cara hemat yang bisa dilakukan, jika di rumah telah dipasang AC seperti yang dikutip dari Cermati.com:

1. Mengurangi Sumber Matahari

Seperti kita ketahui, sumber energi panas alami berasal dari matahari yang bersinar hampir setiap hari, khususnya di wilayah beriklim tropis, seperti di Indonesia. Keadaan rumah yang cukup sejuk saat pagi hari, biasanya akan berubah menjadi sedikit lebih panas pada siang hari karena adanya cahaya matahari yang masuk ke rumah lewat jendela atau kisi-kisi rumah.

Saat memasang AC dengan maksud agar menyejukan ruangan, kinerja AC akan menjadi lebih berat dan lebih banyak mengeluarkan daya karena panas yang berlebih. Oleh sebab itu, kita perlu mengurangi banyaknya cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti menaruh tanaman hijau di jendela, atau menempelkan lukisan di jendela agar menghalangi cahaya masuk langsung ke rumah.

2. Menggunakan Kipas

Anda juga dapat menggunakan kipas sebagai alat untuk menetralkan suhu ruangan yang mungkin menjadi panas karena kinerja AC yang kurang maksimal. Atau, jika tidak terlalu panas, gunakan kipas angin saja sebagaippengganti AC.

Apabila ruangan di rumah memiliki cukup banyak jendela, bukalah jendela tersebut agar suhu panas ruangan bisa keluar melalui jendela.

(Seph – sisidunia.com)