Home » Hiburan » Wow, Bill Gates Ternyata Punya Rumah Seharga Rp 1,6 Triliun

Wow, Bill Gates Ternyata Punya Rumah Seharga Rp 1,6 Triliun



Jakarta – Sangat mewah itu sudah pasti sebutan dari rumah Bill Gates. Tapi seperti apa sih rumah mewah miliknya ? Ya walaupun dia tak segan blusukan sampai tempat-tempat termiskin, pendiri Microsoft ini punya kediaman yang begitu mengagumkan.

Wow, Bill Gates Ternyata Punya Rumah Seharga Rp 1,6 Triliun

Wow, Bill Gates Ternyata Punya Rumah Seharga Rp 1,6 Triliun

Bill Gates yang kekayaan terakhirnya menginjak USD 85,1 miliar itu mempunyai beberapa rumah mewah. Ada satu yang palig mewah dan menjadi kediaman utamanya berlokasi di Medina, Washington, Amerika Serikat. Harganya tidak tanggung-tanggung, menurut perkiraan setidaknya USD 125 juta atau di kisaran Rp 1,6 triliun.

Beberapa informasi berhasil dikorek dari rumah Bill Gates ini meskipun sang pendiri Microsoft sangat menjaga privasi dirinya maupun keluarganya. Berikut beberapa fakta menarik soalnya yang disarikan dari berbagai sumber.

1. Harga Sedikitnya USD 125 Juta

Bill Gates membangun rumah berjuluk Xanadu 2.0 tersebut dari sebidang tanah yang dibelinya pada tahun 1988 seharga USD 2 juta. Kemudian, proses pembangunannya memakan waktu sekitar 7 tahun dengan biaya di kisaran USD 63,2 juta.

Ukurannya mencapai 6.100 meter persegi. Saat ini, nilai rumah tersebut diperkirakan lebih dari USD 125 juta. Gates sendiri kabarnya membayar pajak properti sampai USD 1 juta per tahunnya.

2. Teknologi Tinggi

Gates merancang rumahnya dengan teknologi tinggi. Misalnya jika ada tamu yang datang, mereka akan diberi pin yang bisa berinteraksi dengan berbagai sensor di dalam rumah. Tamu bisa menyesuaikan temperatur dan pencahayaan ruangan dengan mudah, juga suara musik.

Kabarnya ada banyak layar komputer ukuran besar di rumah Gates. Layar itu dapat menampilkan berbagai lukisan dan foto favorit sesuai keinginan.
Terkagum Kemewahan Rumah Rp 1,6 Triliun Milik Bill GatesFoto: istimewa

3. Fasilitas Super Lengkap

Ada kolam renang ukuran besar di mansion Bill Gates tersebut. Juga ada ruang kebugaran yang meliputi sauna serta ruang locker yang berbeda antara pria dan wanita.

Ruangan besar sengaja dibangun untuk menampung sampai 150 orang jika Gates mengadakan atau makan malam. Sedangkan jumlah total kamar mandi ada 24 dan dapur berjumlah 6 ruangan.

Bioskop pun tersedia dengan kursi yang nyaman serta mesin pop corn. Bioskop ini bisa menampung sampai 20 tamu. Oh ya, pasir untuk menghiasi halaman rumah kabarnya diimpor setiap tahun dari pulau St Lucia.

Wow, Bill Gates Ternyata Punya Rumah Seharga Rp 1,6 Triliun

Wow, Bill Gates Ternyata Punya Rumah Seharga Rp 1,6 Triliun

4. Koleksi Benda Antik

Gates terkenal suka mengkoleksi benda-benda antik. Sebagian koleksi tersebut berada di rumah besarnya ini.

Salah satunya adalah Codex Leicester. Dibeli Gates pada tahun 1994 dalam sebuah lelang, buku ini disebut-sebut buku termahal di dunia. Harganya mencapai USD 30,8 juta.

Codex Leicester adalah mahakarya Leonardo da Vinci, salah satu seniman jenius paling terkenal sejagat. Buku ini berisi tulisan Da Vinci tentang penemuan ilmiahnya.

5. Garasi Bisa Tampung 23 Mobil

Sudah tentu koleksi mobil Bill Gates sangat banyak. Garasi di rumahnya ini pun bertebaran di beberapa lokasi. Total, 23 mobil bisa ditampung di sana.

Garasi yang paling menarik konon berada di ruang bawah tanah dan dilapisi stainless steel. Garasi bawah tanah ini bisa menampung sampai 10 unit mobil.

Bill Gates agaknya tidak terlalu banyak mengoleksi mobil mewah. Namun sekali membeli mobil, dia memilih salah satu yang termewah dan klasik. Seperti Porsche 959 yang menjadi salah satu koleksinya.

Kala dirilis tahun 1988, mobil ini adalah mobil jalanan tercepat di dunia dan dijual hanya 337 unit dijual untuk koleksi. Kala itu, harganya sangat mahal, mencapai USD 350 ribu. Namun tentunya tidak berarti banyak bagi kocek Gates.