Home » News » Warga Menikmati Fenomena “Salju” di Jalanan Raja Ampat

Warga Menikmati Fenomena “Salju” di Jalanan Raja Ampat



Raja Ampat – Warga Raja Ampat dihebohkan dengan fenomena alam yang di duga salju di pinggir jalan dan dingin saat di sentu.

Warga Menikmati Fenomena "Salju" di Jalanan Raja Ampat

Warga Menikmati Fenomena “Salju” di Jalanan Raja Ampat

Hal tersebut di ketahui warga saat melintas di jalan poros Waisai-Warsambin, Sabtu (16/9/2017) sekitar pukul 07.30 Wit. Sebab, tumpukan putih di pinggir jalan itu merembet hingga badan jalan.

Gumpalan puti tersebut hampir merata menutupi jalan. Pengendara dan warga sekitar yakin gumpalan putih tersebut adalah salju. Pasalnya, gumpalan putih itu bisa disentuh dan terasa dingin seperti es. Warga berselfie-ria di tumpukan salju yang ada di pinggiran jalan Waisai-Warsambin Kabupaten Raja Ampat.

“Ini seperti salju. Karena selama ini musim hujan dan ini sangat dingin kalau dipegang. Kabut atau awan tidak mungkin tampak jelas di atas rumput dan aspal. Kabut juga tidak bisa dipegang dan tidak dingin seperti ini,” terang Karim Ansa, seorang pengendara yang juga merupakan pemilik hak ulayat Raja Ampat.

Baca juga :  Lama Tak Terdengar, Naif Siap Luncurkan Album Baru

Meski demikian, beberapa warga juga meyakini jika gumpalan putih tersebut hanyalah kabut di pagi hari. Sebab, Raja Ampat merupakan daerah tropis. Kemungkinan salju turun sangat kecil.

Kabupaten Raja Ampat merupakan daerah kepulauan dan daerah yang memiliki banyak pegunungan. Suhu udara pegunungan saat musim hujan berlalu menjadi referensi masyarakat bahwa tumpukan putih itu adalah salju.

Pengendara dan masyarakat ingin mengetahui lebih pasti apakah itu benar salju atau bukan. “Di daerah Papua sini kan ada beberapa daerah yang terdapat salju. Jadi, tidak salah jika Raja Ampat merupakan bagian kota wisata yang bersalju,” kata Karim. Gumpalan putih tersebut perlahan-lahan menghilang saat matahari muncul.

(Bahardin – sisidunia.com)