Home » News » Kebakaran Hutan di Sukabumi Membuat Warga Panik Lantaran Dekat Pemukiman

Kebakaran Hutan di Sukabumi Membuat Warga Panik Lantaran Dekat Pemukiman



Sukabumi – Terjadi kebakaran hutan di Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (17/9/2017). Warga sempat panik lantaran area yang terbakar berdekatan dengan permukiman warga setempat.

Kebakaran Hutan di Sukabumi Membuat Warga Panik Lantaran Dekat Pemukiman

Ilustrasi

Berdasarkan pantauan di lokasi, beberapa petugas pemadam kebakaran dan warga terlihat sibuk memadamkan api menggunakan ranting basah. Akses jalan membuat kendaraan pemadam kesulitan memasuki titik api.

Baca juga : RI Beri Bantuan Kepada Rohingya Myanmar, Ini Tanggapan Prabowo

“Jauh dari jalan desa, jadi terpaksa kita padamkan menggunakan ranting pohon. Kita khawatir api terus meluas karena dekat dengan pemukiman warga,” ungkap Nanang salah seorang petugas pemadam.

Nanang memperkirakan ada 4 hektar lahan yang terbakar api. “Luas area tempat ini sekitar 7,5 hektar, habis terbakar kurang lebih 4 hektar,” imbuhnya.

Menurut warga api diduga berasal dari tengah hutan, warga sempat melihat ada dua titik api yang menyala. Musim kemarau dan angin besar membuat api terus merembet membakar ranting dan daun kering.

“Apinya ada dua titik di tengah hutan, membesar terus merembet karena memang musim kemarau daun dan ranting kering. Karena khawatir warga menghubungi pemadam, warga sini takut apinya mendekati pemukiman warga,” kata Momo (65) warga setempat.

Warga sempat panik kemudian ikut memukul-mukul api yang merembet menggunakan dedaunan basah dan pelepah pisang. Akhirnya sekitar pukul 15.15 WIB, api berhasil dipadamkan. (Seph – sisidunia.com)