Home » Techno » Pengamat Sejarah Tanggapi Rencana Pemutaran Kembali Film G30S/PKI

Pengamat Sejarah Tanggapi Rencana Pemutaran Kembali Film G30S/PKI



Jakarta – JJ Rizal adalah salah satu sosok yang banyak dimintai pendapat mengenai sejarah seputar G30S/PKI. Sejarahwan kelahiran Jakarta, 12 Februari 1972 umur 44 tahun, banyak melakukan penelitian seputar konflik tahun 1965.Pengamat Sejarah Tanggapi Rencana Pemutaran Kembali Film G30S/PKI

Menurut Rizal, film G30S/PKI merupakan produksi politik negara yang lebih banyak story dari pada historynya. Itu berarti, lanjut dia, film tersebut merupakan khayal, fantasi, legenda, dan mitos dari pada fakta data sejarah. Hal tersebut membuat film itu sebagai propaganda pemerintahan Orde Baru untuk membenarkan cara mereka merebut kekuasaan.

Baca Juga : Jemaah Haji Asal Sleman Meninggal Dunia Di Pesawat

“Sekaligus menciptakan alat yang fleksibel digunakan untuk memukul siapa saja yang dianggap mengganggu keamanan dan ketertiban, serta menjadi lawan politiknya,” terang dia.

Melalui pemutaran yang rutin dan serempak pada masanya film itu, telah membuat kebohongan sejarah menjadi kebenaran sejarah dan terus demikian sampai hari ini. Rizal mengatakan, upaya untuk mengentikan tayangannya adalah suatu hal yang positif.

“Tetapi sayang, pemerintah setelah Orde Baru tumbang tidak mau membawa studi-studi sejarah terkait persoalan tersebut yang sudah sangat kaya informasinya ke depan publik,” lanjut Rizal. (seph – sisidunia.com)