Home » Gaya Hidup » Awas, Menelan Permen Karet Bisa Beresiko Kematian

Awas, Menelan Permen Karet Bisa Beresiko Kematian



Jakarta – Permen karet merupakan jenis makanan yang susah dicerna dan berbahaya bagi tubuhmu, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Awas, Menelan Permen Karet Bisa Beresiko Kematian

Awas, Menelan Permen Karet Bisa Beresiko Kematian

Seperti yang dilansir dari Boldsky, ternyata hal-hal seperti di bawah inilah yang terjadi jika kalian menelan permen karet secara di sengajah maupun tak di sengaja.

Ketahui Kandungan di Dalam Permen Karet

Permen karet mengandung bahan dasar seperti pewarna, gula atau pemanis, pengahrum, lemak, lilin, resin, elastomer (sejenis pelentur) dan pengemulsi.

Ketika permen karet tertelan, ia boleh jadi tak tersangkut ke tenggorokan dan bisa langsung ke perut. Di sanalah “perjalanan” lain permen karet di dalam tubuhmu akan dimulai.

Fungsi Hati

Di dalam perut, hati atau liver mengambil peran penting. Permen karet mengandung pewarna, pengawet dan beberapa zat adiktif lainnya. Hati akan menghilangkan kandungan berbahaya tadi sebelum terjadi alergi.

Perut

Selain itu (poin nomor 2), saat mencapai perutmu, zat asam akan memisahkan bahan tertentu yang merupakan kandungan dalam permen karet. Umumnya, gula, pelembut seperti gliserin dan zat penyedap seperti minyak peppermint akan dipisahkan.

Ketika Permen Karet Sampai ke Usus…

Setelah mencapai usus, tubuh membutuhkan sekitar 25-26 jam untuk mengeluarkan permen karet dari sistem pencernaan. Di saat seperti ini, tubuhmu tidak bisa disebut sedang dalam keadaan baik-baik saja. Permen karet bisa saja keluar dari tubuhmu bersama kotoran atau akan tetap di sana.

Bagaimana Jika Tubuh Gagal Mengeluarkannya?

Jika sudah demikian, sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter. Terutama jika suhu tubuhmu tiba-tiba naik drastis. Bahkan tekanan darahmu akan ikut naik jika tubuhmu tak sanggup mengeluarkan permen karet tersebut.

Gejala Lain yang Muncul

Menyingkirkan si permen karet tidak akan mudah bagi tubuhmu. Kamu akan mengalami berbagai masalah pencernaan seperti diare, juga merasa mual dan muntah. Beberapa orang mungkin juga akan mengalami ruam dan gatal-gatal. Oleh karenanya, berkonsultasi dengan dokter adalah langkah yang tepat jika tubuhmu gagal mengatasi gejala-gejala di atas atau alergi bahan tertentu di dalam permen karet.

(Baharudin – sisidunia.com)