Home » Techno » Bahan Alami Untuk Meringankan Nyeri Saat Datang Bulan

Bahan Alami Untuk Meringankan Nyeri Saat Datang Bulan



Jakarta – Datang bulan bagi seorang perempuan bisa menjdi berkah dn juga bisa menjadi penderitaan tersendiri. Seringkali sebagian dari kaum perempuan mengeluhkan betapa sakitnya saat sedang datang bulan.

Bahan Alami Untuk Meringankan Nyeri Saat Datang Bulan

Bahan Alami Untuk Meringankan Nyeri Saat Datang Bulan

Tak sedikit yang mengalami pusing, nyeri haid, sakit pinggang dan sebagainya hingga terpaksa mengkonsumsi berbagai jenis obat. Jika kamu termasuk perempuan yang sering mengalami sakit saat datang bulan, simak keterangan di bawah ini.

Mengutip dari Boldsky, berikut adalah 10 jenis makanan yang bisa membantumu meringankan masa “sulit” saat sedang menstruasi:

1. Sayuran Hijau

Perempuan banyak kehilangan darah selama masa menstruasi. Oleh karenanya, kamu membutuhkan makanan yang mengandung zat besi, magnesium dan potasium. Misalnya saja jenis sayur berupa daun-daunan hijau seperti bayam, kangkung dan sawi.

2. Ikan

Daging ikan mengandung omega 3 dan 6 yang baik untuk kesehatan. Omega 3 sangat baik dikonsumsi saat menstruasi karena bisa membantu mengurangi nyeri dan kram.

3. Biji-Bijian

Biji-bijian utuh. Utuh di sini bukan berarti mentah, ya, hehe. Kamu bisa mengkonsumsi jenis biji-bijian seperti beras (nasi) merah dan gandum. Jenis biji-bijian ini mengandung banyak nutrisi seperti magnesium yang dapat mengurangi ketegangan otot dan kram saat menstruasi. Vitamin B dan E di dalamnya juga bisa mengurangi kelelahan karena anemia yang kamu alami selama datang bulan.

4. Daging dan Telur

Daging berprotein juga bisa membantu mencegah anemia. Kamu bisa mengkonsumsi daging merah, ikan, dan telur selama masa datang bukan agar tidak kram. Namun jika kamu vegetarian, tentu saja sayuran hijau dan biji-bijian di atas tepat dijadikan sebagai pilihan.

5. Cokelat

Ngomong-ngomong soal cokelat, yang dimaksud bukan cokelat dengan rasa manis yang sudah mengandung susu dan lain-lain. Cokelat hitam (dark chocolate) dengan rasa yang sedikit pahit adalah solusinya. Tidak harus yang 100 persen, kamu bisa memilih jenis dark chocolate yang paling “bersahabat” dengan lidahmu. Dark chocolate sendiri telah dikemas dengan antioksidan dan senyawa lain yang meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Serotonin meningkat, mood dan energimu juga akan lebih baik, apalagi pada saat datang bulan.

6. Yogurt

Rutin mengkonsumsi yogurt 2 kali setiap hari selama 6 minggu berturut-turut sangat baik bagi kesehatan. Khusus saat kamu sedang menstruasi, mengkonsumsi yogurt juga berfungsi mengganti kalsium yang hilang saat pendarahan haid.

7. Pisang

Murah dan mudah didapat. Pisang sangat baik dimakan saat menstruasi karena kaya akan potasium dan vitamin yang meningkatkan mood-mu dan membantu mengatur pergerakan usus.

8. Nanas

Nanas juga merupakan buah yang baik dikonsumsi selama masa menstruasi. Buah ini kaya akan senyawa yang dinamakan bromelain. Senyawa jenis ini mampu mengurangi kram saat sedang haid. Tunggu apa lagi? Coba buktikan sekarang!

9. Teh Hijau

Selain makanan, ada juga jenis minuman yang sangat baik jika diminum saat datang bulan. Salah satunya adalah teh hijau. Teh hijau mampu mengurangi kadar esterogen dan menyeimbangkan hormon.

10. Jahe

Nah, kalau minuman yang satu ini seperti resep turun temurun dari zaman dulu, ya. Biasanya, wedang jahe diminum untuk meredakan perut kembung atau masuk angin dan mual. Bukan gejala-gejala seperti ini juga kamu alami menjelang atau pada saat datang bulan?

(Baharudin – sisidunia.com)