Home » News » Ternyata Ini yang Membuat Air Laut dan Batu Karang di Pulau Salamina Menghitam

Ternyata Ini yang Membuat Air Laut dan Batu Karang di Pulau Salamina Menghitam



Athena – Pantai serta bebatuan karang di Pulau Salamina, Yunani, berubah menjadi hitam. Hal tersebut diakibatkan oleh tumpahan bahan bakar yang mencemari wilayah pantai.

Ternyata Ini yang Membuat Air Laut dan Batu Karang di Pulau Salamina Menghitam

Ternyata Ini yang Membuat Air Laut dan Batu Karang di Pulau Salamina Menghitam

Dikumpulkan dari berbagai sumber, Rabu (13/9/2017) minyak ini berasal dari tanker kapal Agia Zoni II yang tenggelam pada Minggu lalu di teluk sebelah tenggara Pulau Salamina. Kapal ini membawa 2.500 kubik ton bahan bakar.

Baca juga : Akibat Musim Kemarau, 16 Kampung di Garut Dilanda Krisis Air Bersih

Pulau Salamina merupakan salah satu pulau yang berada di kawasan Yunani yang ramai dikunjungi turis. Di pulau ini selain wisata pantai, di pulau ini kamu juga bisa mengunjungi beberapa museum dan spot menyelam yang cantik.

Karena peristiwa ini, bocoran minyak menyebar seluas 1,5 Km. Akibatnya air laut berubah menjadi hitam dan berminyak. Tidak hanya itu, minyak juga mengotori pantai dan bebatuan karang sepanjang pesisir pantai.

Para penyelampun telah dikerahkan untuk menutupi kebocoran tanker pada kapal. Para petugas lingkungan mengatakan bahwa untuk membersihkan laut dan mengembalikannya seperti semula, membutuhkan waktu selama empat bulan. Akibatnya untuk sementara, para nelayan diminta untuk menghindari kawasan pantai, dan bisnis yang berada di pantai ditutup.

Seperti yang dilaporkan AFP, untuk penanganan sementara penjaga pantai telah memasang penghalang untuk menahan tumpahan dan menghalang minyak yang menyebar. (seph – harianindo.com)