Home » Gaya Hidup » Penyakit Ini Rentan Dialami Petarung Seperti McGregor

Penyakit Ini Rentan Dialami Petarung Seperti McGregor



Jakarta – Laga akbar yang mempertemukan Conor McGregor dan Floyd Mayweather di T-Mobile Arena pada 27 Agustus 2017 memang sangat seru dan mengejutkan. Namun, baru-baru ini seorang ahli saraf mengungkapkan sesuatu yang buruk dapat terjadi bagi petarung seperti McGregor.

Penyakit Ini Rentan Dialami Petarung Seperti McGregor

Conor McGregor

Pertarungan tinju atau Mix Martial Art (MMA) memang menjadi tontonan global yang sangat diminati oleh para penggemar. Namun berdasarkan hasil konferensi American Academy of Neurology mengemukakan berdasarkan sampel darah dari 291 pejuang menunjukkan indikasi mengalami cedera otak.

Ini tentunya menjadi suatu kabar yang sangat buruk bagi setiap petarung. Pasalnya ia harus mengalami cedera yang bisa saja merenggut nyawanya demi menyuguhkan pertandingan yang menarik untuk tontonan masyarakat.

“Studi kami melihat data selama periode lima tahun dan menemukan peningkatkan dua tanda cedera otak dalam darah,” terang Charles Bernick selaku penulis American Academy of Neurology, Minggu (10/9/2017).

“Sekarang pertanyaannya apakah mereka bisa menandakan cedera otak traumatis permanen dengan konsekuensi jangka panjang? Indikator yang dimaksud adalah rantai cahaya neurofilamen. Biomarker ini hanya muncul dalam darah petarung dan pemain NFL saat mereka terluka. Kehadiran mereka dapat menunjukkan penyakit neurodegeneratif di masa depan seperti demensia dan penyakit Huntington,” tuntasnya.

(Seph – sisidunia.com)