Home » Gaya Hidup » Kekurangan Nutrisi Bisa Berdampak Penurunan IQ Anak

Kekurangan Nutrisi Bisa Berdampak Penurunan IQ Anak



Jakarta – Pemenuhan nutrisi yang cukup dan lengkap memang menjadi faktor penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Pastinya, jika asupan nutrisi yang kurang bisa berdampak buruk bagi anak.

Kekurangan Nutrisi Bisa Berdampak Penurunan IQ AnakAsupan nutrisi ini ditentukan dari makanan pertama yang dimakan anak selain ASI. Asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang relatif besar atau disebut makronutrien seperti karbohidrat, protein, lemak.

Asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang relatif kecil atau disebut mikronutrien seperti vitamin dan mineral, harus mencukupi kebutuhan menyeluruh anak.

Dr. dr. Conny Tanjung, SpA(K) mengatakan, kekurangan makro dan mikronutrien bisa berefek jangka pendek dan panjang.

“Kekurangan mikronutrien, misalnya zat besi, pada jangka panjang bisa berakibat pada kapasitas kerja berkurang dan skor IQ menurun,” ujar Conny dalam acara Milna 1st Bite Day Di Senayan City, Jakarta, Sabtu, 9 September 2017.

Kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan resiko terserang penyakit menular, kematian akibat diare, campak, malaria dan paru-paru. Karena itu, ibu wajib mengetahui MPASI apa yang baik dikonsumsi buah hatinya.

Conny menambahkan, nutrisi makro dan mikronutrian sangat penting bagi anak karena nutrisi makronutrien berperan dalam membentuk energi sehari-hari pada anak, sedangkan nutrisi mikronutien, berperan untuk membentuk hormon.

(Baharudin – Sisidunia.com)