Home » News » Sempat Bakal Dikepung Aksi Rohingya, Borobudur Makin Ramai Wisatawan

Sempat Bakal Dikepung Aksi Rohingya, Borobudur Makin Ramai Wisatawan



Magelang Aksi solidaritas Bela Rohingnya yang digelar di Masjid Agung An Nuur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah berpengaruh terhadap jumlah kunjungan ke Candi Borobudur. Berjarak hanya sekitar 6,8 kilometer dari Candi Borobudur, aksi solidaritas Bela Rohingnya ini menyebabkan sejumlah jalur menuju Candi Borobudur harus dilakukan blokade jalan.

Kini Anda Bisa Menjelajah Candi Borobudur Hanya dengan Mengakses Google Street View

Gambar Ilustrasi

“Memang (angka kunjungan) cenderung lebih sedikit dibanding Kamis (7/9/2017) kemarin. Kalau kemarin pengunjung berjalan dengan normal, jumlahnya sedikit meningkat. Tapi hari ini datar-datar saja,” kata General Manager Candi Borobudur, Chrisnamurti Adiningrum, Jumat (8/9/2017).

Berdasarkan data di Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), total pengunjung hari ini ada sebanyak 3.032 orang. Terdiri dari 2242 wisatawan nusantara (wisnus), 443 wisatawan mancanegara (wisman), dan 347 wisata sunrise.

“Untuk hari biasa, jumlah wisnus rata-rata 3.000 orang, kemudian wisman 500-600 orang,” ungkap Chrisna.

Terkait dengan pengamanan yang diperketat di area Candi Borobudur hari ini, menurut Chrisna, bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung.

“Memang untuk pemeriksaan lebih ketat dibanding biasanya dan jumlah petugas baik dari internal, TNI, maupun Polri juga lebih banyak. Tapi fasilitas dan lainnya normal seperti biasa,” urainya.

Hanya saja memang ada yang berbeda pada kunjungan wisatawan hari ini di antaranya adalah parkir kendaraan yang tidak bisa masuk area parkir candi di dalam kompleks taman. TWCB memberlakukan kebijakan agar pengunjung memarkir kendaraan mereka di kantong-kantong parkir masyarakat sekitar.

“Hal ini sudah kami bicarakan dengan aparat kepolisian, dan hasilnya adalah untuk parkir diminta di kantong parkir masyarakat. Karena untuk mengantisipasi kerawanan keamanan,” katanya.

Adapun pintu masuk candi yang dibuka untuk pengunjung umum hari ini adalah pintu I atau pintu utama di sisi Timur candi. Sementara pintu 7 dibuka untuk tamu khusus namun dengan pengawasan ketat.  (Baharudin – sisidunia.com)