Home » Travel & Kuliner » Awas, Peringatan Mengkonsumsi Sashimi Ayam

Awas, Peringatan Mengkonsumsi Sashimi Ayam



Jakarta – Mayorits orang tahu jika ayam mentah dapat membawa risiko yang sangat seius bagi kesehatan. Maka dari itu, sebelum dan sesudah mengolah ayam mentah, disarankan untu mencuci tangan dan peralatan yang telah dipakai terlebih dahulu.

Awas, Peringatan Mengkonsumsi Sashimi Ayam

Awas, Peringatan Mengkonsumsi Sashimi Ayam

Namun, muncul sashimi ayam yang tengah populer di Jepang. Ayam mentah yang dijadikan sashimi terdapat di beberapa menu di berbagai restoran. Risiko terkait konsumsi ayam mentah sudah diperingatkan.

Pada bulan Juli, Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang mengeluarkan peringatan, Sebelumn disajikan ayam harus dimasak dalam suhu internal 75 derajat.

Baca juga : Restoran di Bangkok Memilih Serangga Sebagai Menu Makanan Favorit

Sayangnya, banyak restoran yang hanya memasak dalam waktu sepuluh detik saja. Waktu ini masih belum cukup untuk membunuh bakteri yang berpotensi membahayakan daging ayam mentah dapat mengandung mikroba berbahaya seperti, campylobacter dan salmonella.

Kedua bakteri tersebut dapat menyebabkan diare juga merusak sistem pencernaan.

Ahli gizi Rhiannon Lambert menyarankan, orang yang makan sashimi ayam untuk menyadari risiko bahayanya.

“Beberapa orang mengklaim, makanan mentah lebih bergizi daripada makanan yang dimasak. Hal ini karena enzim juga beberapa nutrisi dapat hancur saat proses memasak,” kata Lambert, dikutip dari Independent, Sabtu (9/9/2017).

National Health Service Inggris mengemukakan, bakteri campylobacter adalah penyebab keracunan makanan yang paling umum terjadi.

Bakteri salmonella dan e.coli biasanya ditemukan pada daging mentah atau undercooked (makanan yang belum matang), terutama ayam.

(Baharudin – sisidunia.com)