Home » News » Kontes, Puluhan Sapi Berlenggok Pikat Penilaian Juri

Kontes, Puluhan Sapi Berlenggok Pikat Penilaian Juri



Bondowoso – Di depan dewan juri puluhan sapi berlenggak-lenggok. Mereka beradu tampil semenarik mungkin dalam kontes yang digelar di alun-alun di Bondowoso Itu.

Kontes, Puluhan Sapi Berlenggok Pikat Penilaian Juri

Kontes, Puluhan Sapi Berlenggok Pikat Penilaian Juri

Dalam kontes tahunan itu, sapi jenis simmental milik Wibowo Hartono, warga Maesan, akhirnya keluar sebagai juara dalam kategori kereman hasil Inseminasi Buatan (IB).

Sebanyak 158 ekor sapi mengikuti lomba yang digelar Dinas Pertanian Bondowoso selama selama dua hari, Rabu (6/9/2017) dan Kamis (7/9/2017). Sapi itu berkontes dalam beberapa kriteria antara lain, kereman, calon induk, serta induk lokal.

Baca juga : Bapak dan Anak di Purbalingga Kolaborasi Jadi Pencuri

Bukan cuma itu, dalam kontes tersebut para pemilik sapi juga mengenakan pakaian khas Madura. Bahkan, dengan diiringi musik tradisional mereka juga ikut menari. Menurut mereka, tarian itu untuk memberi semangat pada sapi.
Ada berbagai kriteria yang dilombakanAda berbagai kriteria yang dilombakan (

“Tarian ini memiliki makna magis. Sehingga ada ikatan batin, yang intinya memberi dukungan moral agar sapi saya menang,” kata H. Hamid, seorang pemilik sapi asal Wringin.

Sementara itu, Bupati Bondowoso Amin Said Husni, mengatakan kontes semacam ini digelar untuk menumbuhkan kesadaran para peternak agar semakin meningkatkan kualitas ternaknya.

“Ini juga agar peternak dapat meningkatkan kualitas genetik, melalui teknologi inseminasi buatan,” pungkas Amin.

Seperti yang diketahui sapi milik Wibowo Hartono itu sering menjadi juara. Sebab, sapi berbobot 1.286 kg itu sudah 3 kali berturut-turut memenangi kontes serupa di Bondowoso.

(Baharudin – sisidunia.com)