Home » Hiburan » Inilah Rahasia Dibalik Fenomena Lagu Baby Shark

Inilah Rahasia Dibalik Fenomena Lagu Baby Shark



Jakarta – Lagu anak-anak asal Korea Selatan, “Pinkfong Baby Shark”, saat ini sedang populer di Indonesia. tak hanya anak kecil yang suka denga lagu tersebut tapi orang dewasa juga suka dengan lagu tersebut.

Inilah Rahasia Dibalik Fenomena Lagu Baby Shark

Inilah Rahasia Dibalik Fenomena Lagu Baby Shark

Lantas rahasianya apa lagu yang hanya berdurasi dua menit itu bisa menarik perhatian dunia?

“Jadi tiap kali kami membuat lagu, catchy (menarik, mudah diingat) adalah hal yang utama. Kami selalu berusaha membuatnya catchy,” ujar PR Director Smartstudy pembuat konten lagu “Baby Shark”, Jamie Oh, di Hotel Sheraton, Jakarta Selatan, Rabu (6/9/2017).

Ia membandingkannya dengan lagu-lagu K-pop yang selalu mudah disukai. Lagu K-pop umumnya menggunakan satu atau dua kata sederhana yang diulang-ulang dalam liriknya agar melekat di ingatan.

Baca juga : Artis Cantik Ini Mengaku Ketagihan Yoga

Menurut Jamie, mereka mengadapsi pola itu dalam membuat lagu “Baby Shark”. Mereka sengaja menggunakan sedikit kata dan melodi sederhana lalu diulang-ulang. Gerak tarinya juga selalu berulang.

“Kayak lagu ‘Sorry Sorry’, mengulang satu kata berulang-ulang. Juga gerakannya. Itu sangat catchy karena cuma harus ingat satu kata, diulang berulangkali,” kata Jamie.

“Jadi kami membuatnya seperti lagu K-Pop. Misalnya, ‘Do do do do do do do’, itu terus-terusan hampir keseluruhan lagu,” ujarnya lagi.

Tampilannya juga dibuat semenarik mungkin lewat warna-warna cerah dan tulisan yang besar.

“Terus kenapa cuma dua menit karena anak-anak biasanya fokusnya dua menit aja, udah kelar, beralih lagi, loncat lagi. Jadi paling tidak dua menit itu ada edukasinya dan mereka memperhatikan,” ujar Jamie.

Jamie mengatakan, mereka mempunyai tim ahli pembuat konten. Selama kurang lebih tujuh bulan mereka berdiskusi, memikirkan detail lirik, melodi, hingga tarian agar bisa diterima anak-anak.

“Dalam tim kami ada yang membuat lagu, grafis, tarian, namun mereka bekerja dalam satu tim. Jadi prosesnya satu garis. Kami ada ahli dalam tim kami. Kami ingin mendidik, tapi kami berusaha tidak berlebihan,” katanya.

Netizen di Indonesia ramai-ramai mengunggah video aksi joget dengan iringan lagu “Baby Shark” milik Pinkfong dengan hashtag #BabySharkChallenge.

Kini, video “Baby Shark” mendapatkan lebih dari 800 juta kali viewer secara global di youtube.

 

(Baharudin – sisidunia.com)