Home » Sport » Tumbangkan Jepang, Arap Saudi Lolos Piala Dunia 2018

Tumbangkan Jepang, Arap Saudi Lolos Piala Dunia 2018



Jakarta – Pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia, kemenangan atas Jepang, membuat Arab Saudi mengantongi tiket lolos otomatis ke Piala Dunia 2018 dari genggaman Australia setelah menumbangkan Jepang 1-0.

Tumbangkan Jepang, Arap Saudi Lolos Piala Dunia 2018

Tumbangkan Jepang, Arap Saudi Lolos Piala Dunia 2018

Gol impresif Fahad Al Muwallad di babak kedua sudah cukup bagi Saudi untuk mengunci kemenangan atas jawara Grup B tersebut, yang juga dipastikan melenggang ke Rusia 2018.

Kedua tim bermain skor kacamata sepanjang babak pertama, tuan rumah memasukkan Al Muwallad di babak kedua. Pergantian ini memberi efek positif bagi Saudi.

Arab Saudi mendapatkan peluang emas di menit ke-63, Al Muwallad tidak lagi menyia-nyiakan kesempatan untuk menjebol gawang tim tamu. Eiji Kawashima kali ini harus mengakui kebolehan sang pemain.

Gol itu tercipta, berawal dari aksi Nawaf Al Abid yang menggiring bola, lalu dia melepas umpan manis ke arah Al Muwallad. Lalu, sang striker menyambutnya dan melesakkan bola dari jarak dekat. Kawashima tak berkutik melihat jala gawangnya bergetar, kebuntuan pun terpecahkan, skor 1-0 untuk Saudi.

Gol ini bertahan sampai wasit meniup peluit panjang dan memasitkan Saudi tancap gas ke Rusia. Dengan demikian, Saudi bersama Jepang mengamankan satu tempat di Piala Dunia tahun depan.

Hasil ini membuat Saudi bergabung dengan Jepang untuk melaju ke babak grup turnamen akbar empat tahun itu. Sementara Australia, yang lebih dulu memukul Thailand 2-1, terpaksa mesti memainkan fase play-off zona AFC.

(Seph – sisidunia.com)