Home » Gaya Hidup » Akibat Sering Buang Air Kecil

Akibat Sering Buang Air Kecil



Jakarta – Sistem saluran kencing Anda mungkin akan ‘meledak’ dan sering buang air kecil saat gaya hidup atau kesehatan Anda buruk. Selain itu, kebiasaan menghidrasi Anda cukup tinggi sehingga membuat Anda sering buang air kecil.

Akibat Sering Buang Air Kecil

Akibat Sering Buang Air Kecil

Untuk mengetahui apakah hal tersebut berpengaruh pada kesehatan tubuh anda atau tidak, maka anda harus tahu dulu seberapa tinggi frekuensi buar air kecil Anda dalam sehari. Yuk, simak fakta-faktanya.

1. Normalnya orang buang air kecil dalam sehari
Umumnya, cukup normal jika seseorang tiap harinya kencing 4 hingga 10 kali. Kandung kemih dari rata-rata orang memiliki kapasitas sekitar 2 gelas air kencing. Anda hanya bisa menahannya dalam rentang waktu 3-5 jam.

Jika kurang dari 10 kali dalam sehari, maka Anda tidak perlu khawatir karena itu masih terbilang normal.

2. Kapan seseorang boleh khawatir?
Jika Anda mengalami rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil, maka inilah waktu yang tepat untuk khawatir. Juga, jika Anda kencing lebih dari 10 kali dalam sehari, itu bisa menjadi pertanda ada masalah di dalam tubuh.

Bahkan frekuensi buang air kecil yang tinggi itu mengatakan ada masalah kesehatan yang cukup serius. Semakin sering maka semakin serius.

3. Sering terbangun malam hari untuk kencing
Jika Anda memiliki kebiasaan bangun di malam hari untuk sekadar buang air kecil, itu masih terbilang normal. Bahkan yang tidak pernah terbangun untuk hal ini juga juga masih bisa dianggap normal.

Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, Anda mungkin terbangun sekali di malam hari untuk buang air kecil. Yang jadi masalah adalah dalam semalam, Anda kencing 5 kali. Patutlah waspada.

4. Bolehkah menahan kencing?
Pada dasarnya, itu tidak buruk. Seperti yang sudah di bahas di atas, seseorang diperbolehkan menahan kencing selama 3-5 jam. Lebih dari itu sebaiknya jangan. Apalagi jika menahan kencing sampai terasa sakit, maka ini tidak sehat.

Jika anda menderita inkontinensia urin, maka anda bakal kesulitan menahan air kencing dalam waktu lama. Sebaiknya jangan menahan kencing terlalu lama karena itu bisa menimbulkan penyakit baru.

(Baharudin – sisidunia.com)